alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gebyar Literasi Nasional Dipusatkan di Kota Parepare

Darwiaty Dalle
Gebyar Literasi Nasional Dipusatkan di Kota Parepare
Ratusan pelajar yang mengikuti gebyar literasi nasional yang digelar Balai Bahasa Sulsel yang dipusatkan di Parepare. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Kegiatan Gebyar Literasi Nasional Balai Bahasa Pendidikan dan Kebudayaan RI dipusatkan di Kota Parepare.

Sekretaris Kota Parepare, Iwan Asaad mengapresiasi pemilihan Parepare sebagai lokasi kegiatan oleh Balai Bahasa Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Sulawesi Selatan sebagai pemrakarsa. Gebayar Literasi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca, khususnya kalangan siswa.

"Kami berharap, gerakan literasi ini akan membentuk budaya minat baca di kalangan para siswa dan guru, sehingga dapat memperluas wawasan pengetahuan mereka," kata Iwan, Senin (9/12/2019).



Iwan mengatakan, pihaknya berharap ada memorandum of understanding antara Pemkot Parepare dan Balai Bahasa, khususnya di bidang literasi, termasuk literasi baca. Hal itu kata dia, juga untuk menghadirkan produk-produk hukum yang dianalisis langsung oleh pihak balai bahasa.

"Tujuannya, mendukung gerakan literasi sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM, karena dengan budaya membaca dan menulislah, generasi masa depan memiliki modal berharga untuk bersaing di kancah global," papar Iwan.

Salah seorang panitia, Mustadirham mengaku bangga gebyar Literasi Nasional dipusatkan di Parepare. Ke depan, dia berharap bisa lebih mengembangkan dan memajukan literasi di Parepare.

Sementara itu, Nur Aidar Agus dari Balai Bahasa Sulsel mengatakan, salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan yakni dengan menumbuh kembangkan semangat literasi pelajar dan melibatkan guru bahasa.

Sasarannya, kata Nur, murid tingkat dasar sebanyak 250, pelajar SMP 150 orang dan 100 guru. Para guru dilibatkan karena dianggap motor penggerak literasi di sekolah.

"Kegiatan di Parepare ini, kali pertama digelar di Sulsel. Dan Parepare kita harapkan bisa menjadi contoh gerakan literasi sekolah untuk tingkat provinsi," tandasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook