alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angka Pengangguran Terbuka di Kabupaten Pangkep Menurun

Muhammad Subhan
Angka Pengangguran Terbuka di Kabupaten Pangkep Menurun
Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Pangkep mengalami penurunan signifikan. Foto/Ilustrasi

PANGKEP - Upaya keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep dalam mensejahterakan masyarakat berbuah manis. Berdasarkan data Badan Pusat Statisktik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Pangkep mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Merujuk data BPS, dibandingkan Agustus 2018, pada periode ini terdapat penurunan yang cukup signifikan sebesar 1,50 persen. Angka tersebut cukup baik dibanding sebagian besar kabupaten/kota se-Sulsel yang penurunan angka TPTnya hanya nol koma sekian persen.

“Persentase pengangguran Pangkep menurun sangat signifikan, itu seiring dengan penurunan kemiskinan. Tahun 2018 kita di posisi ke tiga di Sulsel setelah Makassar dan Palapo. Tahun ini, kita di posisi lima setelah Makassar, Palopo, Pare-pare dan Barru,” terang Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar.



Berdasarkan data BPS, Kota Makasssar menduduki posisi pertama kabupaten/kota dengan tingkat pengangguran terbuka dengan persentase 10,39 persen. Disusul Kota Palopo dengan 10,32 persen dan Kota Pare-pare dengan 6,42 persen.

Sementara Kabupaten Barru di posisi keempat dengan 5,79 persen dan Kabupaten Pangkep sebesar 5,41 persen. Pada 2018, persentase pengangguran di Pangkep mencapai 6,91 persen.

Gaffar menjelaskan berbagai upaya kolaboratif dilakukan dengan menggandeng NGO, Perguruan Tinggi, CSR Berbagai Perusahaan dan lainnya. Selain itu, pemerintah juga mendorong bisnis produk unggulan desa, terutama komoditas pertanian dan perikanan.

"Sektor pertanian, pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan diharapkan ke depan menjadi motor penggerak ekonomi desa sehingga menciptakan peluang kerja yang baru dan lebih menjanjikan," jelasnya.

"Baik budidaya, pengolahan maupun pemasaran.Istilah kita, Pangkep menikmati revolusi industri 4.0," lanjutnya.

Ia mengatakan saat ini bukan hanya unicorn tetapi decacorn sudah menjelajah di Pangkep yaitu Tokopedia. Masyarakat desa pun semakin bergairah untuk berbisnis.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook