alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PSM Makassar Diminta Segera Siapkan Tim Terbaik untuk AFC Cup

Muhaimin Sunusi
PSM Makassar Diminta Segera Siapkan Tim Terbaik untuk AFC Cup
Penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga saat tampil di Liga 1 Indonesia. Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - PSM Makassar diminta segera mempersiapkan tim terbaik, untuk menyongsong babak ply-off AFC Cup 2020 yang digelar pada akhir Januari mendatang.

Terlebih lagi, Federasi sepakbola Asia atau AFC telah memutuskan, PSM Makassar akan menghadapi tim asal Timur Leste, Lalenok United dalam play-off AFC Cup 2020. Pemenang dari pertandingan ini berhak berlaga di putaran final turnamen bergengsi tersebut.

Sesuai regulasi, laga ini akan digelar dengan sistem home away atau dua leg. Jadwalnya ialah 22 dan 29 Januari 2020. Belum diketahui siapa yang lebih dulu menjadi tuan rumah.



PSM Makassar sendiri menjadi wakil Indonesia di AFC Cup karena berhasil keluar sebagai juara Piala Indonesia 2018/2019. Sedang Lalenok United mewakili Timor Leste karena menjadi juara Primeira Divisao (kompetisi kasta tertinggi di Timor Leste) pada 2019.

Pengamat Sepakbola Sulsel, Faisal Maricar mengatakan, atas keluarnya jadwal ini, PSM Makassar sebaiknya fokus ke AFC Cup 2020. Menyiapkan tim terbaik untuk menyongsong turnamen bergengsi tersebut.

"Tak perlu lagi terlalu fokus ke Liga 1. Apalagi di liga kan, PSM sudah tak dapat apa-apa. Juara juga sudah dikunci oleh tim yang lain (Bali United). Jadi ada baiknya mulai sekarang, fokus ke AFC Cup saja," kata Faisal.

Menurut Faisal, AFC Cup 2020 sudah tak lama lagi. Jika dihitung-hitung dari sekarang, jaraknya tinggal lima pekan lagi atau sebulan lebih saja. Sehingga lanjut dia, PSM Makassar mulai berbenah dari sekarang, sembari menyelesaikan kompetisi Liga 1 2019.

"Manajemen harus bergerak cepat membenahi tim. Apakah pelatih yang sekarang dipertahankan atau tidak? Apakah penggantinya nanti bisa lebih baik atau malah lebih buruk? Apakah juga cukup waktunya untuk mengganti pelatih? Itu yang harus menjadi pertimbangan baik-baik dari manajemen," ungkapnya.

Selain pelatih, manajemen juga akan dihadapkan dengan kualitas pemain yang ada. Menurut Faisal, penentuan skuad juga tak kalah pentingnya dengan pelatih.

"Kemudian, manajemen juga harus berpikir siapa yang kira-kira akan dilepas dan siapa yang akan dibeli. Harusnya memang ada pembenahan dalam skuad. Apalagi ada beberapa lini yang perlu diperbaiki, misalnya saja sektor penyerangan," tutur eks pemain PSM era perserikatan itu.

Faisal berharap, PSM Makassar benar-benar bergerak cepat melakukan perbaikan dalam tim. Apalagi kembali berlaga di AFC Cup, merupakan kesempatan yang belum tentu diraih musim depan.

"PSM pasti ingin pencapaiannya musim depan di AFC Cup, lebih baik dibanding musim ini. Jika 2019 hanya sampai di semifinal zona ASEAN, mungkin di tahun depan bisa ke final," imbuhnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook