alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Maros Bentuk Pengawasan Desa Anti Politik Uang

Najmi Limonu
Bawaslu Maros Bentuk Pengawasan Desa Anti Politik Uang
Bawaslu Maros membentuk desa pengawasan anti politik uang. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAROS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros, melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Desa bersama stakeholder dalam rangka pembentukan Desa Pengawasan Anti Politik Uang di Sekretariat Bawaslu Maros.

Ketua Bawaslu Maros Sufirman menjelaskan, pembentukan dari Desa Pengawasan adalah bagian dari upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan pemilu dan bahaya Politik Uang. Apalagi kata dia, politik uang terus berkembang di kalangan masyarakat.

"Bawaslu RI sampai Bawaslu kabupaten punya program pengawasan partisipatif dengan salah satunya mendorong pembentukan Desa Pengawasan. Termasuk didalamnya adalah pengawasan desa tolak politik uang. Dengan maksud menghadirkan suatu pilot project yang menjadi pioner atau desa percontohan," ujarnya.



Desa Pengawasan ini kata Sufirman, merupakan langkah strategis yang dirancang oleh Bawaslu untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat di tingkat desa agar memahami pentingnya demokrasi.

Sementara itu, Kordinator Divisi Bawaslu Maros, Gazali Hadis menuturkan, untuk Desa pengawasan Bawaslu Kabupaten Maros memilih Desa Majannang di Kecamatan Maros Baru yang akan dilauncing akhir Desember mendatang.

"Kriteria pemilihan antara lain, pemerintah desa dan masyarakat desa memiliki komitmen dalam pengawasan dan memerangi politik uang," ungkap Gazali.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook