alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemuda di Makassar Tertangkap Tangan Curi Kabel PLN

Faisal Mustafa
Pemuda di Makassar Tertangkap Tangan Curi Kabel PLN
Pelaku pencuri kabel PLN diamankan usai tertangkap tangan oleh petugas PLN. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Seorang Pria berinisial ZA (24) diamankan Tim Jatanras Polrestabes Makassar, setelah tertangkap tangan mencuri kabel induk gardu milik PT PLN di Jalan Lagaligo, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Senin (9/12/2019) sekitar pukul 12.35 Wita.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko menjelaskan, warga Jalan Gunung Merapi, Kecamatan Ujung Pandang ini diringkus setelah pihaknya mendapatkan laporan dari petugas PLN.

Diawali dari salah satu petugas PLN mendapatkan aduan warga tentang listrik di wilayah pertokoan Lagaligo padam secara tiba-tiba. Dan itu tidak biasanya terjadi.



"Setelah petugas mengecek didapatlah ini pelaku sedang memotong kabel dengan menggunakan tang. Sudah ada yang dia potong juga. Petugas ini laporan ke kantor, terus ditindaklanjuti," kata Indratmoko saat dikonfirmasi.

Dari tangan pelaku, didapatkan barang bukti kabel tipe NYY setebal 70 milimeter sepanjang 32 meter. Atas perbuatan pelaku, perusahaan listrik milik negara merugi hingga Rp50 juta dan melaporkan peristiwa itu ke Mapolrestabes Makassar dengan nomer terlambat LP/980/XII/2019 /POLDA SUL-SEL/RESTABES MKS.

Dilanjutkan Indratmoko, dari hasil interogasi pelaku mengaku melancarkan aksinya dengan seorang temannya yang saat ini sementara dalam pengejaran polisi.

"Pelaku diidentifikasi ada berdua. Satunya kabur masih dikejar sama anggota. Dari keterangan ZA rekannya menunggu tidak jauh dari gardu. Berboncengan jadi ada yang menunggu nah yang bersangkutan ini eksekutornya," papar perwira polisi dua bunga ini.

Selain itu, dari pengakuan ZA, pencurian kabel juga pernah dilakukan dibeberapa lokasi.

"Bukan sekali udah pernah di tempat lain, sementara masih pengembangan penunjukan TKP lainnya. Masih penyelidikan jumlah pastinya belum diketahui," imbuhnya.

Dari pengakuan awal pelaku, kata Indratmoko, motif pencurian dengan pemberatan ini dilakukan didasari kebutuhan ekonomi mengingat Garong tersebut berstatus pengangguran.

"Yah motif ekonomi, kabel-kabel yang dicuri itu sudah pernah dijual, hasilnya buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Yah yang bersangkutan pengangguran," tegasnya.

Hingga kini, petugas masih melakukan penyelidikan guna mengembangkan kasus ini terkait di mana-mana saja pelaku beraksi. Serta mengejar rekan pelaku yang kabur usai petugas PLN datang mengecek lokasi.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook