alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Nataru

Faisal Mustafa
Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Nataru
Polrestabes Makassar akan mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru di Makassar. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Jajaran Polrestabes Makassar, akan mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan perayaan natal dan pergantian tahun baru (Nataru) 2019.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengungkapkan, pihaknya mengerahkan kekuatan penuh untuk mengawal kelancaran proses pelaksanaan ibadah natal tersebut.

Seluruh personelnya bakal bersiaga untuk mengawasi aktivitas, yang dianggap dapat mengancam kondusifitas umat kristiani dalam melaksanakan ibadah.



"Kita sudah koordinasi juga dengan gereja-gereja yang ada di Makassar, anggota kita tempatkan untuk berjaga di sekitar area gereja dan mengawasi semua aktivitas yang dapat mengganggu kelancaran ibadah saudara-saudara kita nanti," paparnya.

Upaya pengamanan ini, Kata Yudhiawan para personelnya akan dibekali peralatan memadai mulai dari persenjataan hingga metal detector atau mendeteksi bahan peledak dan benda berbahaya lainnya.

"Di beberapa gereja kita pasang semua anggota lengkap. Kita awasi betul dan pengawasannya seperti katedral itu dan gereje-gereja umum lain. Kita juga patroli bareng yang termasuk tempat keramaian, kita aman semua," tegas mantan Direktur Dirkrimsus Polda Sulsel ini.

Dia merincikan, proses pengaman ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya dimana setiap gereja di Kota Makasaar akan dikawal empat hingga enam orang petugas bersenjata lengkap.

“Nanti yang bertugas jaga itu anggota pakai shift-shif bergantian mereka. Dan kita utamakan anggota yang muslim, supaya kerukunan bisa semakin kental bahwa kita ingin kondisi ini betul-betul tentram untuk kenyamanan bersama,” bebernya.

Dilanjutkannya, selain dari kepolisian pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, guna melibatkan elemen pengamanan pemerintah yakni Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Tujuannya untuk bisa sama-sama berpartisipasi dalam patroli dan mengamankan agenda tahunan. Serta mensosialisasikan pengamanan di masyarakat.

“Kita imbau agar sama-sama dengan masyarakat kita jaga kondisi kita agar kondusif. Menghargai yang melaksanakan ibadah dan saling rangkul satu sama lain,” tutupnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook