alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bank Sulselbar-Alfa Group Buka Layanan Bayar Pajak Motor

Marhawanti Sehe
Bank Sulselbar-Alfa Group Buka Layanan Bayar Pajak Motor
Pembayaran pajak motor kini bisa dilakukan di Bank Sulselbar dan Alfa Group. Peresemian layanan ini dilakukan Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR, Senin (9/12/2019). Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Bank Sulselbar dan Alfa Group menghadirkan terobosan untuk memberikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Terobosan tersebut terwujud lewat peresmian pembayaran PKB yang kini bisa melalui Alfa Group, baik Alfamart maupun Alfamidi. Peresmian layanan tersebut dilakukan langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR, Senin (9/12/2019).

Turut hadir menyaksikan peresmian tersebut, Sekretaris Bapenda Sulsel, Andi Winarno, Kabid PAD Bapenda Sulsel, Darmayani Mansyur, Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, serta Branch Manager Alfa Midi Sulselbar, Didik Kurniawan.



Tautoto mengatakan, pajak daerah merupakan sumber pembiayaan pembangunan di Sulsel. Tercatat, pada tahun 2019 pajak daerah ditargetkan sebesar Rp3,712 triliun lebih atau 89 persen dari total PAD yang ditargetkan sebesar Rp4,168 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak daerah, PKB memberi kontribusi terbesar dengan jumlah target sebesar Rp 1,345 triliun lebih atau 36,32 persen dari total pajak,” kata Tautoto, yang ditemui usai peresmian.

Menurut dia, melihat potensinya yang besar dan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang serba cepat, mudah, dan transparan, Bapenda Sulsel menggandeng Bank Sulselbar dan Alfa Group untuk memberikan layanan pembayaran PKB melalui Alfa Group di Sulsel yang mempunyai 174 gerai.

Tautoto menambahkan, jika melihat tren pemasukan PKB saat ini, dia optimistis Bapenda Sulsel dapat mencapai target PKB pada APBD perubahan.

“Kalau saya lihat tren dan kerja keras Bapenda Sulsel, saya optimistis dapat capai target PKB,” ujarnya.

Kepala Bapenda Sulsel, Sumardi Sulaiman mengatakan, di era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat menuntut agar pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dapat semakin mudah, cepat, transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan berbasis teknologi informasi.

Hal ini mendorong Pemerintah Daerah bersama Kepolisian Daerah dan PT Bank Sulselbar untuk senantiasa melakukan terobosan.

Sebelumnya, terdapat pelayanan pajak secara non-tunai melalui ATM, EDC dan Mobile Banking.

"Pada awal tahun 2019, juga telah dilaunching fasilitas pembayaran pajak melalui layanan SiPiJar, yaitu simpanan dan pinjaman pajak daerah pada PT Bank Sulselbar serta pembayaran melalui Indomaret. Hari ini, kita melaunching pelayanan PKB melalui Alfa Group," jelasnya.

Kata dia, pembayaran PKB melalui gerai Alfa Group ini merupakan tahap lanjutan dari serangkaian akses pelayanan PKB yang telah dibuka. Berikutnya, pembayaran pajak terus dikembangkan bahkan ke depan akan ditingkatkan menuju digital banking atau intech.

"Berbagai jenis pelayanan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam membayar pajak, sehingga masyarakat konsisten untuk membayar pajak secara tepat waktu," ujarnya.

"Selain itu, berbagai jenis pelayanan tersebut akan meningkatkan trust masyarakat kepada pemerintah daerah, karena berbasis teknologi dan tidak berinteraksi langsung dengan petugas," sambung dia.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook