alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelayanan Publik Pemkab Gowa Masuk Top 30 Terbaik se-Indonesia

Herni Amir
Pelayanan Publik Pemkab Gowa Masuk Top 30 Terbaik se-Indonesia
Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta menerima penghargaan top 30 Pelayanan Publik se-Indonesia dari Kemenpan RB, Tjahjo Kumolo. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Pelayanan publik yang dihadirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendapatkan apresiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Apresiasi tersebut dengan memberikan penghargaan atas prestasi dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional sebagai Top 30 instansi pemerintah terbaik se-Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, di Hotel Le Meredien, Jakarta, Senin (9/12/2019).



Penghargaan tersebut diberikan kepada 312 instansi pemerintah yang telah mengikuti kompetisi ini. Pemkab Gowa pun menjadi satu-satunya pemerintah daerah dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Dalam kompetisi ini, tim juri yang disiapkan adalah tim independen yang berasal dari tokoh masyarakat, akademisi, media, dan pengamat pelayanan publik.

Adapun poin penilaiannya antara lain, aspek pendorong perubahan, perbaikan, dampak dan keberlanjutan pengelolaan pengaduan.

Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang menerima langsung penghargaan mengatakan, prestasi yang telah diraih ini merupakan wujud dari usaha dan komitmen Pemkab Gowa dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

Salah satunya dengan menjadikan layanan pengaduan ini sebagai media partisipasi masyarakat dalam membangun Kabupaten Gowa yang lebih baik di masa-masa yang akan datang.

"Ini akan menjadi acuan bagi kami utamanya stakeholder terkait agar terus dapat mempertahankan kinerjanya bahkan di tingkatkan agar semakin lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengungkapkan, kompetisi tersebut menjadi upaya Kemenpan-RB dalam menjawab visi-misi dan skala prioritas dari program Jokowi-Ma'ruf Amin untuk lima tahun ke depan.

Tujuannya untuk mewujudkan optimalisasi pendayagunaan aparatur pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik, cepat dalam pengambilan keputusan, serta terus membangun inovasi-inovasi pelayanan publik.

"Termasuk pula memberikan respons yang sangat cepat jika ada pengaduan dari masyarakat sekecil apapun," tegasnya.

Tak hanya itu, termasuk pula mempercepat proses perizinan sehingga reformasi birokrasi dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan.

Politisi PDIP itu melanjutkan, lembaga-lembaga pengaduan di lingkup pemerintahan baik pusat maupun daerah harus bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat atas apa yang menjadi laporannya. Misalnya, rumah sakit, pelayanan pajak, perhubungan hingga instansi lainnya.

"Hal yang perlu dilakukan dalam mencapai proses tersebut yaitu pengaduan yang cepat tanggap, pengaduan yang cepat direspon dan pengaduan yang cepat ditindak lanjuti dengan berbagai perbaikan yang ada," harap Tjahjo.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook