alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bea Cukai Parepare Musnahkan 3,5 Juta Batang Rokok Ilegal

Darwiaty Dalle
Bea Cukai Parepare Musnahkan 3,5 Juta Batang Rokok Ilegal
Pemusnahan barang bukti ilegal hasil sitaan yang dilakukan kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Kota Parepare di kawasan Pelabuhan Ajatappareng Parepare, Selasa (10/12/2019). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Kantor pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Kota Parepare, memusnahkan 3,5 juta batang rokok ilegal di kawasan Pelabuhan Ajatappareng Parepare, Selasa (10/12/2019).

Kepala Kantor pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Parepare, Eva Arifah Aliyah mengungkapkan, jutaan batang rokok yang dimusnahkan itu merupakan hasil penindakan Bea Cukai Parepare tahun 2018 dan 2019.

"Penerimaan dari sektor kepabeanan dan cukai selama tahun 2019, Kantor Bea Cukai Parepare berhasil melampaui target yang ditetapkan dengan total penerimaan yang berhasil dicapai sebesar Rp87.722.661.521 dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp16.964.590.000," ungkapnya.



Untuk pemusnahan rokok ilegal kata Eva, kerugian negara yang diselamatkan pada tahun 2018 sebesar Rp721.667.677, sementara pada tahun 2019 sebesar Rp734.962.096.

"Total pemusnahan hingga tahun 2019 berjumlah, Rp1.456.629.773, berbagai jenis barang BKC HT Rokok," terang dia.

Selain batang rokok, pemusnahan juga dilakukan terhadap HPTL Liquid Vapor sebanyak 80 botol dengan nilai barang sebesar Rp2.037.960 sementara total kerugian negara sebesar Rp518.000.

Di tempat yang sama, juga dilakukan pencanangan zona integritas menuju WBK/WBBM tahun 2020, ditandai dengan pembacaan sumpah melaksanakan zona integritas.

"Secara resmi mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK/ WBM, ini sebagai langkah dan upaya mempermudah pelayanan, baik berupa pelayanan online, ekspor, impor, ataupun individu sehingga, pengguna jasa tidak mesti datang ke kantor lagi," papar Eva.

Tahun 2020, kata Eva, pihaknya ditunjuk untuk melaksanakna zona integritas menuju WBK/WBBM. Menurut dia, keberhasilan melaksanakan zona integritas ditentukan setiap individu pegawai dan bersinergi dengan Pemkot maupun pihak terkait.

Sementara itu, Asisten III Setdako Parepare, Hariyanto mengapresiasi Bea Cukai yang telah menerapkan zona integritas.

"Pemkot Parepare memberikan dukungan penuh terhadap program zona integritas menuju bebas korupsi bersih dalam melayani, dan kami tentunya siap bersinergi," katanya.

Upaya menciptakan zona integritas dalam pencegahan korupsi dan peningkatan pelayan publik secara transparan, kata Hariyanto lagi, dampaknya akan membuat Bea Cukai menjadi lebih baik lagi, dengan tata kelola yang baik dan bersih menuju smart city, transparan dan akuntabel.

"Zona integritas momentum untuk aparat menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, bebas dari suap dan gratifikasi. Lebih cepat melayani, tentunya masyarakat akan dapat manfaatnya juga," tandas Hariyanto.



(man)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook