alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waspada Peredaran Narkoba Menjelang Tahun Baru

Muhaimin Sunusi
Waspada Peredaran Narkoba Menjelang Tahun Baru
Granat Sulsel mengimbau seluruh pihak mewaspadai peredaran narkoba menjelang tahun baru. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Sulsel, Jamil Misbah, mengimbau semua pihak, terkhusus aparat kepolisian dan BNN meningkatkan pengamanan guna mencegah dan memberantas peredaran narkoba menjelang malam pergantian tahun. Seperti tahun sebelumya, peredaran barang haram itu diprediksi meningkat menjelang tahun baru.

Indikasi meningkatnya peredaran narkoba terlihat dari banyaknya upaya penyelundupan. Beruntung, sudah ada beberapa kasus yang digagalkan. Sepekan terakhir ini misalnya, polisi menggagalkan masuknya 37 kg sabu dari Malaysia menuju Jakarta. Lalu, di Makassar, tepatnya di Bandara Hasanuddin digagalkan penyelundupan sabu 5 kg.

Jamil menyebut semarak pesta pergantian tahun kerap kali menjadi sasaran empuk para bandar dan pengedar narkoba. Karena itu Granat meminta agar pengamanan ditingkatkan.



“Sekarang yang perlu dilakukan ialah pengamanan diperketat dengan jalur distribusi itu yang perlu dipotong. Untuk kasus ini yang menggunakan kargo pesawat, harusnya sebelum masuk ke pesawat, sudah ketahuan memang. Ini yang perlu ditingkatkan,” katanya saat dihubungi SINDOnews.

Jamil menyebut untuk penyelundupan sabu ke Makassar, disayangkannya lemahnya pengamanan pada distribusi barang di Bandara Pontianak, Kalimantan Barat. Menurut dia, petugas bandara di Pontianak teledor sehingga barang haram itu bisa sampai naik ke pesawat untuk diterbangkan ke Makassar.

“Saya rasa, polisi (atau petugas bandara) teledor dalam hal ini. Ataukah kita punya alat masih kurang. Kenapa tidak di kargo itu sebelum naik ke pesawat, diperiksa baik-baik sebelum sampai ke pesawat. Harusnya kan bisa dicegah dari sana,” jelasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook