alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nurdin Abdullah Sebut Pengadaan Barang dan Jasa Rawan Korupsi

Tri Yari Kurniawan
Nurdin Abdullah Sebut Pengadaan Barang dan Jasa Rawan Korupsi
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada acara KPK Mendengar. Foto: Istimewa

JAKARTA - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah didaulat menjadi pembicara pada forum KPK Mendengar di Jakarta, Senin (9/12/2019). Pada kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Internasional, Nurdin memaparkan upayanya menghadirkan birokrasi pemerintahan yang bersih di Sulsel.

Nurdin juga menyampaikan sektor-sektor yang patut diawasi lantaran rawan korupsi. Salah satunya yakni sektor pengadaan barang dan jasa. Kata dia, proses pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintahan memiliki celah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Pengadaan barang dan jasa, ini yang paling terbuka lebar bagi (terjadinya tindak pidana) korupsi,” kata Nurdin, dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa (10/12/2019).



Untuk itu, Nurdin meminta KPK melalui Tim Korsupgah untuk senantiasa mengawal penuh proses pengadaan barang dan jasa di Sulsel. “Saya berharap KPK juga bisa masuk untuk menjaga ini, dan kami juga sudah minta Korwil Korsupgah Sulsel untuk betul-betul mendampingi pengadaan barang dan jasa."

"Bahkan saya minta semua sudah harus ada CCTV, terus interaksi seluruh pokja-pokja tidak mudah masuk ke dalam, yang seperti ini harus betul-betul protek karena di sini pengelolaan anggaran sangat penting kalau kita salah dalam penentuan ini akan fatal jadinya,” sambung mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Nurdin mengaku sudah meniadakan program-program yang nilai anggarannya kecil untuk menghindari praktik korupsi di lingkup Pemprov Sulsel.

“Satu-satunya bagaimana program-program prioritas itu harus menjadi perhatian kita, dengan menghindari program-program yang kecil-kecil itu, karena yang kecil-kecil ini sangat rawan masuk ke ranah korupsi,” kata Mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Penerima Bung Hatta Award ini berharap dengan adanya pendampingan Korsupgah KPK, semua program untuk masyarakat Sulsel bisa dibangun dengan baik serta bisa dinikmati dengan baik.

“Kita sangat berharap hadirnya KPK, semua program yang kita buat itu betul-betul bisa dimanfaatkan dalam jangka lama oleh masyarakat, iya seperti jalan jangan kita aspal hari ini kemudian terbongkar lagi kan sayang,” beber dia.

Di kesempatan ini, Nurdin juga menyampaikan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel. Salah satunya di bidang pertanahan. “Saya ingin menyampaikan dulu soal pertanahan yang selalu jadi hambatan dalam birokrasi, Alhamdulillah BPN Sulsel luar biasa inovasinya, bahkan balik nama dua hari sudah selesai, tidak perlu lagi menunggu bertahun-tahun,” pungkasnya.

Pada acara KPK Mendengar ini, Nurdin tampil sebagai pembicara bersama sejumlah tokoh nasional. Di antaranya yakni Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook