alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019

Tim Sindonews
Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019
Kepala Dinas Kominfo-SP Sulsel, Andi Hasdullah, mewakili Gubernur Sulsel menerima penghargaan dari Kemenpan RB terkait pengaduan pelayanan publik 2019. Foto/Istimewa

JAKARTA - Pemprov Sulsel kembali meraih penghargaan nasional. Kali ini, aplikasi Baruga Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) ala Sulsel ditetapkan sebagai salah satu Pengelola Pengaduan Publik Terbaik Nasional oleh Kemenpan-RB.

Kepala Dinas Kominfo-SP Sulsel, Andi Hasdullah, mewakili Gubernur Sulsel menerima penghargaan dari Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo di Hotel Le-Meridien, Jakarta, Senin (09/12/2019) kemarin. Hasdullah menyebut LAPOR SP4N Pemprov Sulsel berhasil menyisihkan 500 peserta antar-instansi Kabupaten/Kota, Provinsi, Kementerian, dan lembaga dalam kompetisi tersebut.

"Ini adalah sebuah kompetisi bergengsi dan berkaitan dengan performance daerah dalam pengelolaan aduan masyarakat, terutama tindak lanjut dan memberi solusi atas pengaduan tersebut. Dan ini berujung pada layanan publik yang progresif. Kita masuk 40 besar dan berada di rangking 11," terang Hasdullah, dalam keterangan persnya kepada SINDOnews, Selasa (10/12/2019).



Menurut Hasdullah, tata kelola aduan aplikasi Baruga LAPOR SP4N Sulsel memiliki progres yang cukup tinggi, mengingat aduan yang berbasis media sosial dan android. "Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan. Prosesnya hanya butuh 15 menit, aduan sudah sampai ke instansi berwenang untuk penyelesaiannya," terang dia.

Lebih jauh, ia menjelaskan saat ini admin Baruga LAPOR SP4N ada di OPD provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, saat ini sudah ada 650 admin instansi yang tersambung dengan program ini. "Posisi Diskominfo-SP Sulsel ikut mengontrol tindak lanjut aduan yang masuk. Baik yang menyangkut kewenangan pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota," papar Hasdullah.

Tak hanya itu, kata dia, sosialisasi aplikasi Baruga LAPOR SP4N Sulsel terus diintensifkan. Mulai dari sosialisasi Goes to Campus, Bimtek dengan berbagai komunitas, brosur, iklan radio dan berbagai kanal yang lain.

"Intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat Sulsel tahu dan dapat memanfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang dihadapi. Pemerintah hadir untuk mengsolusi dan memberikan layanan yang dibutuhkan masyarakat," tegasnya.

Hasdullah berharap kehadiran aplikasi aduan Baruga LAPOR SP4N Sulsel dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada Pemprov Sulsel. "Ini semakin mendekatkan pemerintah dan rakyat Sulsel," tandasnya.

Gubernur Sulsel, kata Hasdullah, di berbagai forum selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan aplikasi Baruga LAPOR SP4N untuk melaporkan atau mengadu dan menyampaikan aspirasi mereka.

"Baliau ingin aplikasi aduan tersebut tidak hanya sebagai media tempat curhat, tetapi menjadi media solutif dan seluruh aduan. Dan itu pasti diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik di Sulsel," tutup dia.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook