alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Minta Warga Waspadai Uang Palsu Jelang Natal dan Tahun Baru

Faisal Mustafa
Polisi Minta Warga Waspadai Uang Palsu Jelang Natal dan Tahun Baru
Polisi minta warga waspada peredaran uang palsu jelang natal dan tahun baru. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel, menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, untuk mengantisipasi beragam tindak kejahatan menjelang hari raya umat Kristiani tersebut dengan melakukan operasi lilin.

Salah satu menjadi perhatiannya peredaran uang palsu di tengah-tengah masyarakat yang biasa dimanfaatkan oknum tidak bertanggungjawab dalam momentum natal dan tahun baru, mengingat meningkatnya kebutuhan belanja.



"Terkait uang palsu itu bersifat kondisional, jika ada permasalahan yang terpantau baru kita tindaklanjuti," terangnya, Selasa (10/12/2019).

Ibrahim menilai, para pengedar uang palsu biasanya membaca situasi di tengah masyarakat. Acap kali para pelaku memanfaatkan kondisi masyarakat yang sedang sibuk-sibuknya melakukan transaksi jual beli di pusat berbelanja atau pasar tradisional.

"Uang palsu itu biasanya muncul dekat-dekat lebaran, natal pada saat ramai-ramainya begitu," bebernya.

Olehnya itu, lanjut Ibrahim, pihaknya lebih dulu melakukan operasi pekat. Operasi itu disebut sebagai rangkaian pencegahan tindakan kejahatan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat dalam beraktifitas.

Terlebih ketika menyambut momentum akbar peringatan hari raya natal dan tahun baru. "Operasi itu memang ditujukan untuk semua permasalahan-permasalahan esensi yang ada di dalam masyarakat," katanya.

Lebih lanjut kata Ibrahim, meski hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan soal perkara peredaran uang palsu. Dia meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terkait aktifitas peredaran uang palsu.

Lantaran, kelengahan dalam bertransaksi jual beli kebutuhan jelang natal dan tahun baru, bisa di jadi peluang pelaku untuk melancarkan kejahatan peredaran uang palsu.

"Yah tentunya diharapkan masyarakat lebih waspada untuk melihat uang itu. Kalau masyarakat ketahui, jangan sungkan untuk langsung melaporkan ke kami, untuk segera ditindaklanjuti," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook