alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Jera Ditolak Bupati, Dewan Ajukan Kembali 2 Raperda Inisiatif

Joni Lembang
Tak Jera Ditolak Bupati, Dewan Ajukan Kembali 2 Raperda Inisiatif
Meski sempat ditolak Bupati Nicodemus Biringkanae, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tana Toraja kembali mengusulkan dua rancangan peraturan daerah (raperda) untuk dibahas dan ditetapkan menjadi perda di tahun 2020. Foto : SINDOnews/Joni Lem

TANA TORAJA - Meski sempat ditolak Bupati Nicodemus Biringkanae, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tana Toraja kembali mengusulkan dua rancangan peraturan daerah (raperda) untuk dibahas dan ditetapkan menjadi perda di tahun 2020.

"Ada tiga raperda inisiatif DPRD yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) DPRD Tana Toraja tahun 2020. Dua diantaranya sudah diusulkan di tahun 2018, tapi pembahasannya tidak dilanjutkan karena ditolak bupati," ungkap Ketua Bapemperda Tana Toraja, Kristian HP Lambe.

Dua raperda inisiatif dewan yang ditolak bupati dan diusulkan lagi di tahun 2020 yakni, raperda tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan raperda tentang Kawasan Tanpa Rokok.



DPRD menilai keberadaan Perda Pendikan Anak Usia Dini sangat penting guna memperkuat layanan PAUD berkualitas dalam dunia pendidikan. Begitu juga dengan Perda Kawasan Tanpa Rokok bertujuan agar masyarakat hidup sehat dan nyaman bagi masyarakat umum. Serta, melindungi warga yang tidak merokok atau perokok pasif.

Satu raperda inisiatif dewan lainnya yang juga masuk dalam propemperda 2020 yakni raperda tentang Perlindungan Masyarakat Adat.

"Saat ini, kami tengah mengaji bahan awal Propemerda tersebut. Begitu juga, raperda mana yang harus dibahas di masa sidang pertama dan selanjutnya sepanjang tahun 2020," jelas Legislator Partai Demokrat itu.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook