alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seleksi Panwascam, Bawaslu Terima 206 Berkas Pendaftar

Muhaimin Sunusi
Seleksi Panwascam, Bawaslu Terima 206 Berkas Pendaftar
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar menerima 206 berkas pendaftar untuk diseleksi jadi Panwascam. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar telah merampungkan hasil pemeriksaan adminisrtasi berkas calon Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Wali kota (Pilwalkot) 2020. Sebanyak 15 kecamatan yang ada di Makassar.

Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Sri Wahyuningsih menuturkan, pihaknya menerima sebanyak 211 pendaftar untuk calon Panwascam. Namun tersisa 206 calon Panwascam yang lulus berkas dan persyaratan.

"Sisa yang lima orang itu tidak lolos atau gugur. Alasannya, tentu saja karena tidak memenuhi persyaratan," kata Sri Wahyuningsih.



Dia menjelaskan, ada dua syarat yang tak dipenuhi oleh kelima peserta ini. Pertama ialah tidak cukup umur, kemudian kartu tanda penduduknya (KTP) tidak berdomisili di Makassar.

"Kalau asal kecamatan bagi yang gugur, saya belum cek. Tapi dari lima itu masing-masing satu orang setiap kecamatan," ujarnya.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Penjaringan Panwascam di Bawaslu Makassar, Abdillah Mustari menambahkan, tahap selanjutnya yang akan dilalui peserta ialah Computer Assisted Tes (CAT). Dimana ujian ini berupa pertanyaan yang dibuat oleh Bawaslu RI.

"Isinya adalah integritas, mekanisme pengelolaan tahapan pemilu, hingga manajemen organisasi. Ini yang peserta harus jawab dan pahami," ucap Abdillah saat dihubungi terpisah.

Setelah ujian ini lanjut dia, peserta kemudian akan mengikuti tes wawancara. "Setelah itu, baru diumumkan siapa-siapa saja yang lulus," tandasnya.

Diketahui, dari 15 kecamatan yang ada di Makassar, Bawaslu hanya menerima tiga orang setiap kecamatan. Artinya, Bawaslu Makassar hanya menerima 45 orang dari 206 yang sementara bersaing.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook