alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

6 Begal Sadis di Gowa Ditangkap, 2 Pelaku Dilumpuhkan

Bugma
6 Begal Sadis di Gowa Ditangkap, 2 Pelaku Dilumpuhkan
Enam begal sadis yang biasa beroperasi di Gowa Sulsel (Foto: Bugma/iNews)

SUNGGUMINASA - Tim Anti Bandit Reserse Kriminal Polres Gowa meringkus enam begal sadis yang kerap meresahkan warga di wilayah hukumnya. Komplotan begal yang tak segan melukai korbannya ini diciduk di beberapa lokasi berbeda. Mereka diciduk pada Jumat (13/12/2019) dini hari.

Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, menerangkan pengungkapan kasus ini bermula dari banyaknya kasus kejahatan jalanan di daerahnya. Berbekal dari laporan tersebut, polisi langsung menindaklanjuti dan akhirnya berhasil menangkap pelakunya.

Yang paling pertama ditangkap adalah begal berinisial AC di wilayah Somba Opu. "Tim menggerebek rumah seorang terduga begal di Somba Opu, Gowa. Pelaku berinisial AC tak berkutik saat ditangkap," kata Boy di Mapolres Gowa, Jumat (13/12/2019).



Selanjutnya, dari penangkapan AC, polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap lima rekannya di tempat berbeda. Dari enam begal yang ditangkap, dua pelaku di antaranya ditembak karena melakukan perlawanan dan mencoba kabur.

"Dua di antaranya terpaksa kami lumpuhkan karena melakukan perlawanan saat ditangkap," tegas Boy.

Ia memaparkan modus operasi yang dilakukan para begal sadis ini. Dari hasil pemeriksaan, salah satu pelaku pernah berpura-pura menjadi sales. Sementara pelaku lainnya biasanya mengikuti calon korbannya yang sendirian mengendarai sepeda motor.

"Setiap beraksi pelaku berjumlah tiga orang. Mereka mengikuti calon korbannya yang mengendarai motor sendirian. Saat ada peluang, pelaku langsung merampas ponsel atau tas korban. Pelaku tak segan-segan melukai korban jika melawan," jelasnya.

Selain menciduk enam pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa dua ponsel dan dua senjata tajam yang digunakan saat beraksi. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 dan 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook