alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Mahasiswa Diwisuda, Ini Harapan Rektor UMI

Marhawanti Sehe
Ribuan Mahasiswa Diwisuda, Ini Harapan Rektor UMI
Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Wisuda Diploma, Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor Periode II Tahun 2019 dengan jumlah lulusan sebanyak 1.184 orang, Sabtu (14/12/2019) pagi tadi. Foto : SINDOnews/Marhawanti Sehe

MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Wisuda Diploma, Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor Periode II Tahun 2019 dengan jumlah lulusan sebanyak 1.184 orang, Sabtu (14/12/2019) pagi.

Melalui prosesi wisuda yang berlangsung di Hotel Four Points By Sheraton tersebut, Rektor UMI Makassar Prof Basri Modding menyampaikan sejumlah pesan-pesan bagi para wisudawan dan wisudawati.

Dia mengatakan salah satu tahapan hidup para wisudawan telah terselesaikan, yakni sukses meraih gelar akademik baik Sarjana, Magister dan Doktor. Meski demikian, menyelesaikan studi bukanlah akhir, tapi awal dari tahapan dan tantangan lain yang harus dilewati dengan penuh perjuangan.



Prof Basri berpesan agar para wisudawan menjadi ulul albab, berpengetahuan tinggi dan mampu menyesuaikan diri di segala lapisan masyarakat, elit ataupun marginal, memiliki tanggung jawab dan keramahan sosial yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Tantangan di tengah masyarakat saat ini berbeda dengan sebelumnya, anak-anakku dan saudara-saudaraku harus bijak memilihnya, karenanya kembangkan kemampuan adaptasi yang baik, disertai keluhuran budi, kemuliaan watak dan kesucian hati," kata Prof Basri.

Selain itu, menurut guru besar Fakultas Ekonomi ini, para wisudawan juga dituntut untuk mengembangkan kemampuan diri dan adaptif dalam merespon segala bentuk perubahan. Kemampuan tersebut diantaranya memecahkan masalah yang rumit, berpikir kritis, kreatif, people management, kerjasama dengan orang lain, kecerdasan emosional dan lain-lain.

Dia juga mengajak para wisudawan untuk menjadi duta UMI Makassar, karena para alumni memiliki peran penting dan strategis untuk peningkatan kualitas kegiatan institusi, baik sebagai mitra yang bisa berkontribusi dalam membangun bangsa maupun mitra strategis dalam membangun UMI.

"Kalian adalah duta UMI. Maka kami titipkan nama UMI dimanapun kalian berada, jika anak-anakku dan saudara-saudara ku berhasil di masyarakat, maka nama UMI akan terbawa baik juga," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Prof Basri juga memberikan kabar gembira bagi para wisudawan berprestasi yang ingin melanjutkan studi program Magister, UMI akan memberikan beasiswa sebesar 50% dari SPP.

Sebagai informasi tambahan, UMI Makassar akan kembali mewisuda sebanyak 1.240 lulusan pada tanggal 15 Desember 2019. Sehingga total wisudawan UMI Periode II Tahun 2019 mencapai 2.424 orang.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook