alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Perikanan Luwu Dapat Dana Alokasi Khusus Sebesar Rp1,7 Miliar

Chaeruddin
Dinas Perikanan Luwu Dapat Dana Alokasi Khusus Sebesar Rp1,7 Miliar
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Dinas Perikanan Kabupaten Luwu mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,724 untuk tahun anggaran 2020. Jumlah itu naik dari DAK tahun 2019 yang hanya sekitar Rp1,4 miliar.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah menyampaikan, bertambahnya DAK tahun 2020 berkat dukungan penuh Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang, terhadap program-program yang dijalankan Dinas Perikanan.

"Alhamdulillah perjuangan kita ada hasil. Berkat dukungan Pak Bupati, kami mendapat tambahan DAK tahun depan sebesar Rp300 juta, menjadi Rp1,724 miliar tahun depan," ujarnya.



DAK beserta pagu anggaran yang bersumber dari APBD ini akan digerakkan untuk peningkatan pendapatan masyarakat pada sektor perikanan tangkap dan sektor budi daya.

"Tahun depan kita prioritaskan sektor perikanan melalui dana alokasi khusus adalah berbagai percontohan di air tawar seperti mina padi, budi daya ikan patin, budi daya ikan nila, ikan lele, bahkan termasuk pengembangan ikan hias," kata Andi Fatahillah.

"Kita upayakan untuk mengetahui berapa besar produktifitas masing masing jenis ikan dengan kondisi alam Luwu. Di samping itu kita juga berusaha mengembangkan unit pembenihan rakyat UPR," tambahnya.

"Kita masih berupaya membantu para nelayan kita untuk memperoleh bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan dengan sumber pendanaan dari provinsi," lanjutnya lagi.

Untuk diketahui, tahun 2020 mendatang, Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, mendorong masyarakat pesisir utamanya mereka yang bergerak di bidang perikanan budi daya untuk memperhatikan pengembangan budi daya udang windu di Kabupaten Luwu.

Sebab, Andi Fatahillah, saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong pengembangan udang windu di tanah air sebagai salah satu komoditas ekspor Indonesia ke depan.

Melalui berbagai program, bantuan untuk pelaku budi daya udang windu mulai digelontorkan pemerintah pusat agar mendorong dan merangsang kembali masyarakat untuk mengembangkan udang windu.

"Salah satu program Pemprov saat ini akan kembali membangkitkan udang windu. Semoga tahun depan kita dapat bantuan udang windu di mana berbasis kawasan, satu kawasan sekira lima hektar akan diberikan bantuan anggaran berkisar Rp300 juta," ujarnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook