Atasi Banjir Makassar, Pemprov Sulsel Akan Lakukan Normalisasi Sungai

Minggu, 14 Maret 2021 - 18:31 WIB
loading...
Atasi Banjir Makassar, Pemprov Sulsel Akan Lakukan Normalisasi Sungai
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meninjau pengerukan Sungai Balangturungang Daya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (14/3/2021). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang meninjau pengerukan Sungai Balangturungang Daya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (14/3/2021).

Peninjauan tersebut sebagai bentuk penanganan masalah banjir yang kerap terjadi di beberapa titik di Kota Makassar, akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari terakhir.



Selain meninjau, Plt Gubernur sekaligus duduk bersama dengan Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Adenan Rasyid membahas upaya antisipasi untuk penanganan banjir di Makassar.

Dari peninjauan tersebut, Andi Sudirman mengungkapkan salah satu penyebab terjadinya banjir akibat luapan sungai, dikarenakan adanya penyumbatan aliran sungai di jembatan dan penutupan saluran yang dilakukan pihak developer perumahan .

"Ada bottle neck di jembatan oleh betonisasi sehingga menyumbat aliran, juga terdapat jembatan dan penutupan saluran oleh developer perumahan serta aliran Sungai Tallo membelah kota menghalangi anak sungai ketika meluap dan tertahan air pasang saat hujan," jelasnya.

Untuk itu, kata Plt Gubernur , butuh aksi normalisasi saluran dengan membongkar bottle neck beton dan jembatan penyempit, tanggul sungai, dan dibutuhkan penambahan kolam regulasi untuk menekan volume aliran serta mereduksi dampak banjir ke sekitar.



Dengan demikian, Plt Gubernur mengajak seluruh stakeholder untuk turun bersama-sama menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Makassar.

"Saya yakin dengan semangat kerja sama kita mampu menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Makassar ke depannya. Insyaallah," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)