alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunakan Metode Socrative, Perekrutan Panwascam Diklaim Lebih Transparan

Luqman Zainuddin
Gunakan Metode Socrative, Perekrutan Panwascam Diklaim Lebih Transparan
Ketua Bawaslu Sulsel, L Arumahi. Foto: Istimewa

MAROS - Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), L Arumahi memantau langsung pelaksanaan seleksi calon anggota panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Maros jalan Dr Ratulangi, Maros, Senin (16/12/2019).

Arumahi mengatakan, pelaksanaan seleksi panwascam dalam rangka pilkada 2020 di Sulsel sejauh ini tidak menemui kendala berarti, meskipun untuk pertama kalinya perekrutan menggunakan tes socrative yang merupakan tes tertulis berbasis online.

"Pelaksanaan tes online yang berlangsung pada tanggal 13 dan 14 (Desember) meskipun ada persoalan di sektor jaringan tapi itu cepat diantisipasi sehingga tidak ada yang tertunda sesuai jadwal," ujar Arumahi dalam rilis yang diterima SINDOnews.



"Ini langkah awal Bawaslu membangun transparansi dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen. Alhamdulillah dapat berjalan lancar," tambahnya.

Menurutnya, sistem baru ini untuk menjaga integritas dan objektivitas Bawaslu dalam melakukan seleksi.
 
"Di situ sangat objektif nilai yang dihasilkan oleh tes dengan sistem online tersebut, tak ada yang bisa direkayasa. Ini menjadi acuan komisioner kabupaten/kota untuk dikembangkan melalui tes wawancara," terang Arumahi.

Arumahi menambahkan, setelah terbentuk, panwascam akan segera dilantik dan dilakukan bimbingan teknis untuk segera melakukan pengawasan tahapan pilkada 2020.

"Pada tahap awal ada pemutakhiran data pemilih dan juga pengawasan bila ada calon perseorangan untuk mengawasi dukungan calon perseorangan," terangnya.

Untuk kabupaten Maros, 133 calon anggota panwascam yang lulus seleksi administrasi menjalani tes berbasis online socrative pada hari Jumat (13/12/2019) lalu, dilanjutkan dengan tes wawancara yang diagendakan pada tanggal 14 hingga 17 Desember.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook