Program Sapi Perah di Gowa Ditargetkan Berjalan Agustus 2021

Senin, 15 Maret 2021 - 15:07 WIB
loading...
Program Sapi Perah di Gowa Ditargetkan Berjalan Agustus 2021
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan soal program sapi perah yang akan dikembangkan di Kabupaten Gowa. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyuplai 200 sampai 300 ekor sapi perah kepada Pemkab Gowa melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan kelompok ternak dalam bentuk hibah.

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI , Nasrullah mengatakan, pihaknya menargetkan, pengembangan sapi perah tersebut bisa dirasakan pada 17 Agustus 2021 mendatang atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI.



" Pak Mentan ingin susu sapinya sudah bisa dinikmati pada 17 Agustus, berapapun jumlahnya, jadi sapi perah yang akan kita hadirkan harus diperhitungkan secara baik agar di tanggal tersebut betul-betul ada susu yang bisa diproduksi," ungkapnya, Senin (15/3/2021).

Program pengembangan sapi perah maupun industri susu sapi perah merupakan program super prioritas pemerintah daerah di sektor peternakan.

Dalam program ini, Pemkab Gowa berkerja sama dengan PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory). Pemkab Gowa bertanggung jawab dalam biaya pembuatan medium scale kandang inkubator atau dengan menggunakan APBD.

Sedangkan pihak Kementan RI bertindak sebagai penyuplai sapi perah secara hibah. Sementara pihak PT Cimory bertanggung jawab sebagai offtaker atau pembeli hasil susu sapi perah.

Untuk itu lanjut Nasrullah, beberapa komponen utama yang harus dilakukan pada program super prioritas peternakan ini yakni pengembangan sapi berbasis plasma (kelompok ternak) dan pembuatan medium scale kandang inkubator.



"Kita telah mengimbau agar pemda segera membuat kelompok ternak untuk dikirim ke perusahaan Cimory untuk belajar pemeliharaan dan pengembangan," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)