Balai Anak Toddopuli Sosialisasi Program Kompak di Kabupaten Sidrap

Senin, 15 Maret 2021 - 19:41 WIB
loading...
Balai Anak Toddopuli Sosialisasi Program Kompak di Kabupaten Sidrap
Kepala Balai Anak Toddopuli Makassar Christiana Junus saat melakukan sosialisasi Program Komunitas Peduli Anak (KOMPAK) di Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa
A A A
SIDRAP - Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar, melakukan sosialisasi Program Komunitas Peduli Anak (KOMPAK) di Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan.

Sosialisasi Program Kompak yang dilaksanakan di Kecamatan Baranti, dihadiri oleh 30 peserta terdiri dari pimpinan dari Dinas Sosial, kejaksaan, Pengadilan Negeri, Kepolisian, Koramil, Camat Baranti, Kepala Puskemas, Kepala Desa, Lurah, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kecamatan Baranti.

Kepala Balai Anak Toddopuli Makassar Christiana Junus menjelaskan bahwa, Program Komunitas Peduli Anak merupakan bagian dari Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak berbasis komunitas, yang bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat guna bersama-sama peduli dan berpartisipasi melindungi anak-anak yang ada di lingkungan mereka.



Christiana menekankan bahwa, kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk penguatan kapasitas dengan pendekatan Enabling Community Action.

Pendekatan ini kata dia, digunakan untuk menggerakkan masyarakat agar bersedia terlibat dan mampu mengatasi permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya.

“Tidak hanya mampu mengatasi, program Kompak diharapkan akan mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan, menyusun dan melaksanakan aksi nyata untuk memberikan dukungan kepada anak dan keluarga dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuan masyarakat sendiri,” lanjut Christiana.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidrap Soalihin menyambut baik pelaksanaan kegiatan KOMPAK di Kecamatan Baranti. Mengharapkan pihak desa dan kelurahan memberikan dukungan kepada KOMPAK yang akan dibentuk di daerahnya.

Dalam sosialisasi ini, Pihak Kecamatan Baranti akan melakukan replikasi KOMPAK yang sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Sipodeceng.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)