TNI-Polri Jamin Tak Ada Kerumunan saat Kunjungan Presiden Jokowi

Rabu, 17 Maret 2021 - 16:14 WIB
loading...
TNI-Polri Jamin Tak Ada Kerumunan saat Kunjungan Presiden Jokowi
Suasana gelar pasukan dilakukan aparat keamanan jelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Sulsel. Foto: Sindonews/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Jajaran TNI, Kepolisian , dan Pemerintah memastikan keamanan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sulawesi Selatan pada Kamis, (18/03/2021) besok. Ribuan personel gabungan telah dimantapkan kesiapannya.

Komandan Kodim 1408/BS, Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra menjamin, seluruh elemen keamanan telah siap mengawal kedatangan Jokowi meresmikan beberapa proyek strategis dan meninjau vaksinasi di Makassar dan Tana Toraja.

"Semuanya sudah kita apel gelarkan. TNI, Polri , unsur pemda. Pam (pengamanan) kita bersinergi berkerja sama. Sehingga pelaksanaan kunjungan presiden dapat berjalan aman tertib lancar sesuai rencana," kata Dwi usai Apel gelar di Lapangan Karebosi, Rabu (17/3/2021).



Dia mengatakan, seluruh personel yang dilibatkan berjumlah 2500 orang. Terdiri dari unsur TNI , Kepolisian, Satpol PP, Damkar dan Dishub Makassar.

"Pengamanan dibagi tiga ring. Ring 1 dan 2 itu TNI, ring 3 polisi, selebihnya diback-up unsur Forkompinda," paparnya.

Dalam sambutan yang dibacakan Dwi mewakili Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menekan, agar seluruh personel pengamanan bisa bekerja optimal dengan penuh rasa tanggung jawab. "Pengamanan VVIP ini harus betul-betul maksimal," tegasnya.

Selain itu ketertiban dan kelancaran kegiatan orang nomor satu yang diagendakan bakal meresmikan Bandara Buntu Kunik Tana Toraja dan Kolam Regulasi Nipa-nipa Kabupaten Maros-Gowa harus tetap terkontrol serta terjaga protokol kesehatan Covid-19.

"Maka diperlukan kerja sama dan komunikasi yang terintegrasi dengan semua pihak terkait. Hal ini penting untuk meminimalisir hambatan dan kendala di lapangan. Termasuk jika ada kerumunan," jelas Dwi.

Lebih jauh, kata Dwi, pemetaan daerah yang perlu pengamanan agar rantai komando dapat dilaksanakan denhan baik. "Ciptakan sinergitas yang solid. Lalukan langkah-langkah preventif dan antisipatif terhadap situasi sekecil apapun," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5352 seconds (0.1#10.140)