Menteri Perhubungan Kunjungi Proyek Bandara Sultan Hasanuddun

Rabu, 17 Maret 2021 - 21:10 WIB
loading...
Menteri Perhubungan Kunjungi Proyek Bandara Sultan Hasanuddun
Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub), Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin. Rabu, (17/03/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub), Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, Rabu (17/3/2021).

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka peresmian Bandara Toraja. Setibanya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Menhub bergegas melakukan site visit ke proyek pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin diantaranya ke Terminal Selatan dan Terminal Utama.

Selama kunjungan, Menhub didampingi oleh Direktur Utama Angkasa Pura Aiports, Direktur Teknik Angkasa Pura Airports, Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Direktur Operasi PT Wijaya Karya, General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Pimpinan Proyek PT Wijaya Karya dan Direksi PT Jaya CM selaku konsultan proyek.



Sebagaimana diketahui bahwa, proyek pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini dimulai pada tahun 2019 dan rencana selesai pada Mei 2021. Pengembangan ini dilakukan karena terjadi lack of capacity dari bandara eksisting. Dengan luas 166.005 m2, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin nantinya dapat memuat sebanyak 15 juta penumpang pertahun.

Tak hanya terminal, PT Angkasa Pura I (Persero) juga memperluas apron yang semula terdiri dari 49 parking stand (PS) hanya untuk pesawat narrow body, kini diperluas sehingga dapat memuat 54 PS untuk pesawat narrow body dan 3 PS untuk pesawat wide body.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa, kedepannya Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi Bandara HUB Timur Indonesia.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga kata dia, menjadi Bandara embarkasi Haji dan Umrah yang melayani jamaah dari Indonesia Timur.



“Progres pengembangan bandara saat ini mencapai 68,7%. Secara fisik bandara sudah terlihat bentuknya. Kami tetap optimis bahwa saat pandemi berakhir, penerbangan akan kembali normal,” Ujar Faik Fahmi selaku Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero).

Kunjungan Kerja Menhub ke Sulawesi Selatan ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu pada 17 hingga 18 Maret 2021.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)