Beroperasi Mulai 19 Maret, Tol Layang AP Pettarani Gratis Sampai 2 April

Kamis, 18 Maret 2021 - 18:17 WIB
loading...
Beroperasi Mulai 19 Maret, Tol Layang AP Pettarani Gratis Sampai 2 April
Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono (kemeja putih) saat meresmikan tol layang AP Pettarani, Kamis (18/3/2021). Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Jalan Tol Layang AP Pettarani siap beroperasi dan sudah digunakan terhitung hari Jumat (19/3/2021) besok. Kepastian itu setelah proyek tersebut diresmikan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, Kamis (18/3/2021).

Untuk tahap sosialisasi, infrastruktur jalan dengan nilai investasi Rp2,243 triliun tersebut bisa digunakan oleh pengguna secara gratis. Penyesuaian tarif baru diprediksi akan berlaku pada tanggal 3 April 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN), Anwar Toha.



"Belum ada SK dari Pak Menteri (SK tarif), sebentar malam akan menggratiskan dulu (19/3/2021) sampai kira-kira tanggal 2 April. Tanggal 3 April sudah berlaku penyesuaian tarif. Tidak boleh langsung (kenakan) tarif karena belum ada SK penentuan tarif, (SK) dari Pak Menteri belum ditandatangani, teman-teman di PUPR sudah janji estimasi tanggal 3 April," urai Anwar yang ditemui usai peresmian.

Terkait nilai tarif, Anwar belum bisa memberikan angka pasti. Tapi diprediksi berada di kisaran Rp9.000 hingga Rp10.000. Tarif yang nantinya juga tertuang dalam SK Menteri tersebut akan memuat tarif untuk setiap jenis atau golongan kendaraan.

"Usulan tarif sesuai dengan investasi, belum bisa saya jawab, range bergerak sekitar Rp9 ribu sampai Rp10 ribu. Karena nilai seperti ini," terangnya.



Tak hanya menunggu SK dari Kementerian PUPR , kepuasan dan keberterimaan pengguna juga menjadi penilaian penting dalam penyesuaian tarif. Tapi pengelola akan berupaya mengedukasi masyarakat karena investasi pembagunan Jalan Tol Layang AP Pettarani berasal dari pihak swasta sehingga harus ada pengembalian.

"Kalau kita merencanakan 3 April untuk tarif, ini tegantung sosialisasi. Mulai nanti malam beroperasi (18/3), melihat animo masyarakat soal kepuasan pelanggan. Kalau masyarakat sudah menerima akan efektif bisa dilakukan. Kalau Kementerian PUPR menilai masyarakat belum bisa menerima, bisa saja ditunda. Tapi kan masyarakat diedukasi, namanya investasi harus ada pengembalian," papar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit.



Khusus untuk jenis kendaraan yang bisa melintasi Jalan Tol AP Pettarani , Danang mengaku masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Perhubungan. Tapi dia berpendapat, baik kendaraan penumpang maupun truk logistik bisa mengakses jalan tersebut. Apalagi terhubung dengan jalan ke Bandar Udara dan Pelabuhan, sehingga sangat potensial untuk digunakan oleh kendaraan logistik.

Menteri PUPR , Basuki Hadimoeljono menegaskan Jalan Tol Layang AP Pettarani mulai dioperasionalkan karena sudah ditunggu-tunggu masyarakat sejak lama. Sebelum tarif baru ditetapkan, masyarakat bisa mengakses jalan tol layang ini secara gratis. "Biasanya seminggu free dan nanti akan dioperasikan dengan tarif, semua sudah ada SK-nya," kata Basuki.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8278 seconds (0.1#10.140)