Mulai 21 Maret, Pertalite Dijual Seharga Premium di Makassar

Sabtu, 20 Maret 2021 - 19:24 WIB
loading...
Mulai 21 Maret, Pertalite Dijual Seharga Premium di Makassar
Seorang pelanggan melakukan pembelian bahan bakar minyak di salah satu SPBU. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan udara yang lebih bersih dan sehat, Pertamina menghadirkan program langit biru di Makassar. Program ini menghadirkan promo spesial BBM jenis pertalite dengan harga setara premium di beberapa SPBU .

Melalui program promosi tersebut, Pertamina mengajak masyarakat Kota Makassar beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara pertalite RON 90 untuk menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah setara premium, sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.



Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (research octane number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran 2000-an menggunakan BBM minimal sekelas pertalite.

Promo Hanya Untuk Kendaraan Tertentu

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, program langit biru ini merupakan program edukasi dan promosi sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Permen KLHK No. 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan di sektor transportasi melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.



Laode menambahkan, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. Karenanya, ia menjelaskan, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98.

Di Makassar, program ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2021 dengan memberikan harga khusus pembelian pertalite seharga premium yakni Rp6.450,- per liter lebih hemat Rp1.400,- dari harga normal dan dilaksanakan secara bertahap bagi konsumen tertentu diantaranya kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, mobil ber plat kuning seperti angkutan umum kota (angkot/pete-pete) dan taksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)