Rumah Adat Bola Soba Kabupaten Bone Hangus Terbakar

Sabtu, 20 Maret 2021 - 21:31 WIB
loading...
Rumah Adat Bola Soba Kabupaten Bone Hangus Terbakar
Api membakar rumah adat Bone, Sabtu (20/3/2021). Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya
A A A
BONE - Rumah adat Bone atau Bola Soba Saoraja Petta Ponggawae terbakar , Sabtu (20/3/2021). Rumah adat yang nyaris seluruhnya berbahan kayu itu membuat api membakar bangunan itu begitu cepat.

Baca juga: Hendak Isi BBM, Mobil Ini Diusir Petugas SPBU Lalu Meledak dan Terbakar

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Bone , Andi Akbar mengatakan, ada enam unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan memadamkan api di rumah adat yang terletak di Jalan Ratulangi, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang itu.

"Api berhasil kami padamkan setelah dalam waktu setengah jam. Kami terjunkan enam mobil damkar dan 70 personel," kata Andi Akbar.

Hingga berita ini tayang, Akbar belum bisa memastikan besarnya kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut. "Untuk penyebabnya kami serahkan ke polisi," kata dia.



Sementara itu, salah seorang anggota sanggar seni, Pado mengaku tak bisa menyelamatkan banyak barang berharga yang tersimpan di rumah adat tersebut, seperti alat-alat musik. Pado mengaku hanya berhasil menyelamatkan sebuah lemari dan payung.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kejadian ini membuat bangunan kokoh yang kerap digunakan oleh grup-grup seni di Bone ini tinggal puing-puing.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)