Sehatkan Mata Hingga Lawan Kanker, Ini Deretan Manfaat Stroberi

Senin, 22 Maret 2021 - 09:17 WIB
loading...
Sehatkan Mata Hingga Lawan Kanker, Ini Deretan Manfaat Stroberi
Buah Stroberi. Foto: Ilustrasi/Alliance
A A A
JAKARTA - Tak hanya enak dipandang dan lezat, stroberi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya melawan kanker.

Kandungan vitamin C yang dimiliki satu porsi stroberi diketahui lebih banyak daripada jeruk. Sehingga bukan hal yang mengejutkan lagi jika stroberi memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Femina India, berikut ini empat deretan manfaat mengonsumsi stroberi :

1. Melawan penyakit kanker
Vitamin C dan asam ellagic membantu menangkal kanker. Sementara vitamin C meningkatkan kekebalan dan memperkuat pertahanan tubuh melawan kanker, asam ellagic telah terbukti benar-benar menekan pertumbuhan sel kanker.

Asam ellagic, fitokimia melindungi dari kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, dan payudara dengan memperlambat produksi sel kanker dan membantu tubuh menghancurkan jenis karsinogen tertentu. Vitamin C dan serat dalam stroberi juga melindungi seseorang dari kanker kerongkongan dan usus besar.



2. Menjaga kesehatan mata
Antioksidan yang kuat dalam stroberi telah terbukti dapat mencegah katarak. Selain itu, vitamin C juga melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat merusak lensa. Vitamin C dalam stroberi juga menjaga kesehatan kornea dan retina. Antioksidan juga mencegah degenerasi makula dan penyakit mata lainnya.

3. Melawan penyakit jantung
Flavonoid dalam stroberi mengurangi respons peradangan dalam tubuh dan ini melindungi jantung. Menurut para peneliti di Pusat Modifikasi Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko di Toronto, buah stroberi mengurangi kerusakan oksidatif, serta lipid darah, yang memperburuk penyakit jantung dan diabetes. Pektin, serat larut dalam stroberi , menurunkan kolesterol LDL. Memiliki tiga atau lebih porsi stroberi setiap minggu untuk mengurangi risiko serangan jantung kalian.

4. Melawan peradangan
Peradangan menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh. Stroberi dapat membantu menetralkan itu. Faktanya sebuah studi Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 16 stroberi atau lebih setiap minggu 14 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki peningkatan kadar protein C-reaktif (CRP) yang menunjukkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Vitamin C dalam stroberi juga mencegah peradangan dan mengurangi gejala artritis yang menyakitkan seperti radang sendi. Mangan dalam stroberi menjaga tulang tetap sehat.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)