alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Desa Pulau Persatuan Tolak Proyek Pamsimas Pemkab Sinjai

Irman Bagoseng
Warga Desa Pulau Persatuan Tolak Proyek Pamsimas Pemkab Sinjai
Kepala Desa Pulau Persatuan, H Ibrahim. Foto: SINDOnews/Irman Bagoseng

SINJAI - Warga Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan, menolak proyek program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) di desanya.

Penolakan tersebut dilakukan setelah warga Desa Pulau Persatuan melakukan musyawarah dan sepakat menolak proyek yang akan dikerjakan tahun 2020 mendatang.

Menurut Kepala Desa Pulau Persatuan, H Ibrahim, warganya menginginkan air yang layak konsumsi. Warga tidak ingin air pamsimas karena kegunaannya sama dengan air sumur milik warga yang hanya untuk MCK.



"Alasannya, air pamsimas nanti hanya untuk keperluan MCK. Sementara, semua warga Desa Pulau Persatuan sudah memiliki sumur, namun tidak layak konsumsi karena payau," kata Ibrahim, Jumat (20/12/2020).

Ibrahim melanjutkan, umumnya, warga di desanya tidak kekurangan air, namun ditakutkan keberadaan pamsimas nantinya justru menggangu keberadaan sumber air yang sudah ada dengan rasa payau. Apalagi Tim Panitia Kemitraan pamsimas tidak bisa menjamin seperti apa rasa air pamsimas nantinya.

"Jadi beberapa hari lalu, RT, RW, dusun dan tokoh masyarakat sepakat menolak proyek pamsimas di Desa Pulau Persatuan. Dari hasil musyawarah itu, warga berharap pemerintah kabupaten menyediakan air bersih yang layak dikonsumsi," ujarnya.

Ilham, salah seorang warga desa tersebut berharap, Pemerintah Kabupaten Sinjai fokus bekerja melayani rakyat dan tidak tebang pilih dalam hal pembangunan. Ilham khawatir, proyek pamsimas nantinya hanya menghabiskan uang negara.

"Eloknya pemerintah melayani masyarakat, di desa kami tidak butuh pamsimas, kami (warga Desa Pulau Persatuan) hanya butuh air bersih yang layak konsumsi, selama ini kebutuhan air bersih untuk konsumsi warga selalu disuplai dari Sinjai dengan menggunakan kapal. Cobalah Pemerintah Sinjai juga menyisihkan anggaran untuk kapal pemuat air bersih ke Pulau Sembilan, jangan hanya fokus di delapan kecamatan, karena kami juga warga Sinjai," jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Sinjai pada tahun 2020 mendatang akan fokus dengan pembangunan berupa perbaikan jalan dan jembatan di delapan kecamatan. Sementara, Kecamatan Pulau Sembilan hanya kecipratan proyek pamsimas, hal itu dibeberkan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sinjai beberapa waktu lalu.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook