alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tambang Ilegal di Tana Toraja Menjamur, Pemerintah Diminta Ambil Tindakan

Joni Lembang
Tambang Ilegal di Tana Toraja Menjamur, Pemerintah Diminta Ambil Tindakan
Ilustrasi. Foto: SINDOnews

TANA TORAJA - Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja, Kendek Rante menyoroti maraknya aktivitas penambangan mineral batuan bukan logam atau tambang galian C ilegal di Tana Toraja.

Ironisnya kata Kendek, praktik tambang mineral batuan bukan logam tidak resmi itu, terkesan dibiarkan oleh pemerintah.

"Tidak ada sanksi yang bisa membuat efek jerah bagi pemilik atau pelaku tambang mineral batuan bukan logam ilegal. Dampaknya, usaha tambang ilegal kian marak di wilayah Tana Toraja," ujar Kendek Rante akhir pekan lalu.



Dia mengatakan, sebagian besar usaha tambang mineral batuan bukan logam yang ada di Tana Toraja belum memiliki izin usaha pertambangan (IUP). Usaha tambang ilegal itu umumnya berlokasi di bantaran sungai dan daerah perbukitan. Lantaran tidak ada pengawasan ketat dari instansi terkait, kegiatan tambang ilegal itu pun mengancam kelestarian lingkungan di sekitarnya

Dia pun meminta instansi terkait dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kehutanan, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk menertibkan aktivitas penambangan tersebut.

"Jika kegiatan tambang ilegal itu dibiarkan tumbuh tak terkendali bukan hanya merugikan potensi pendapatan daerah. Tapi, dampak yang paling parah dari aktivitas tambang ilegal itu adalah rusaknya ekosistem lingkungan," jelasnya.

Anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Saddang (TKPSDA WS Saddang), Toto Balalembang meminta agar aparat penegak hukum pun turun tangan menertibkan dan mengambil tindakan hukum yang tegas, jika terbukti aktivitas tambangĀ  mineral batuan bukan logam maupun mineral logam di Toraja, tidak mematuhi ketentuan yang berlaku, sesuai UU No 4 tahun 2009 dan PP 23 tahun 2010.

Toto menambahkan, saat ini di wilayah Toraja ada beberapa proyek besar yang sedang berjalan. Tidak menutup kemungkinan proyek itu menggunakan material tambang tidak resmi. Untuk itu, dia menyarankan agar penegak hukum memantau penggunaan material tambang yang digunakan untuk proyek besar di Toraja. Hal itu guna mengantisipasi penggunaan material tambang ilegal.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook