alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serunya Festival Balap Kuda di Pantai Karsut Jeneponto

Sulaiman Nai
Serunya Festival Balap Kuda di Pantai Karsut Jeneponto
Balapan kuda di Jeneponto mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. (Foto: iNews/Sulaiman Nai).

JENEPONTO - Komando Distrik Militer (Kodim) 1425/Jeneponto menggelar festival balapan kuda di Pantai Karsut, Desa Kampala, Kecamatan Arungkeke. Event yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi dengan warga tersebut berlangsung semarak.

Ribuan warga memadati festival balapan kuda tersebut. Tidak hanya berasal dari Jeneponto, tapi juga dari kabupaten/kota lain lingkup Sulsel. Mereka ingin menyaksikan keseruan balapan kuda yang diikuti peserta lintas provinsi. 

"Kami ingin menggelorakan kembali kearifan lokal di sini," kata Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir, saat dikonfirmasi, Senin (23/12/2019).



Peserta festival kuda ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya yakni dari Jawa Barat (Jabar), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Barat (Sulbar) dan sejumlah daerah lainnya.

Festival ini melombakan beberapa kategori antara lain, open race dengan jarak 2.400 meter, kelas 1 jarak 200 meter, kelas 2 (100 meter) dan kelas 3 (1.000 meter). Selain itu ada kelas 4 (9.000 meter), kelas 5AB (8.00 meter) dan 5C (700 meter).

"Festival ini juga untuk menghibur masyarakat di Jeneponto," ujar dia.

Kegiatan ini, kata dia, terlaksana berkat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jeneponto dan para pihak lainnya yang turut meramaikan acara. Dia berharap, warga dihibur dengan acara serupa dan berlangsung secara rutin setiap tahun.

"Kami harapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan pemerintah daerah," ujarnya.

Warga Jeneponto, Sabianri Layu, berharap festival ini dapat digelar rutin. Dia juga berterima kasih kepada Kodim Jeneponto karena telah membuat acara hiburan bagi warga setempat.

"Terima kasih Kodim Jeneponto, kami jadi punya tontonan gratis," kata Sabrianri.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook