alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perangi Politik Uang, Bawaslu Gowa Canangkan Desa Sadar Pemilu

Herni Amir
Perangi Politik Uang, Bawaslu Gowa Canangkan Desa Sadar Pemilu
Bawaslu Gowa mencanangkan desa sadar pengawasan partisipatif di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya. Foto/SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gowa berkomitmen memerangi politik uang atau money politic menjelang Pilkada 2020. Untuk itu, Bawaslu mencanangkan desa sadar pengawasan partisipatif di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya pada Senin (23/12/2019).

Ketua Bawaslu Gowa, Syamsuar Saleh, mengungkapkan desa sadar pengawasan ini hanya dibentuk di Kecamatan Bungaya. Melalui program itu, pihaknya ingin menyebar 'virus' pengawasan dengan mengajak warga mencegah politik uang.

"Kita ingin proses pilkada yang tercipta nantinya adalah pilkada yang berintegritas. Makanya, ini menjadi percontohan dengan mengawasi seluruh tahapan pilkada," ujar Syamsur.



Dipilihnya Desa Rannaloe, lanjut dia, merujuk pada hasil survei pesta demokrasi terdahulu. Baik itu Pilgub maupun Pilkades, tingkat partisipasi pemilih di desa ini sangat tinggi serta warganya menolak politik uang.

Wabup Gowa, Abdul Rauf Malaganni, mengungkapkan penunjukkan Desa Rannaloe sudah sangat tepat. Diharapkanya Desa Rannaloe bisa menularkan 'virus' pengawasan ke desa lainnya.

"Launching desa sadar pengawasan ini menjadi satu momentum bersejarah serta babak baru dalam memulainya proses demokrasi maupun pendidikan politik. Termasuk menjadi langkah nyata dalam mendorong kesadaran peningkatan partisipasi politik masyarakat," pungkasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook