alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Paslon Tunggal, KPU Enrekang Sebut Parpol Gagal dalam Pengkaderan

Aris Bafauzi
Paslon Tunggal, KPU Enrekang Sebut Parpol Gagal dalam Pengkaderan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menilai partai politik di Enrekang gagal dalam pengkaeran. Hal itu dapat dilihat dari adanya paslon tunggal pada Pilkada Enrekang. Foto: Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menilai partai politik di Enrekang gagal dalam pengkaeran. Hal itu dapat dilihat dari adanya paslon tunggal pada Pilkada Enrekang.

Komisioner Devisi Teknis KPU Enrekang, Rahmawati Karim, mengatakan pengurus parpol telah gagal memberi peluang pada tokoh internal partai untuk maju pada pilkada.

"Jika kotak kosong, yang salah itu partai yang telah gagal dan tidak mampu membentuk peluang bagi kadernya sendiri. Padahal yang bikin undang-undang kan DPR RI artinya pengurus partai tidak konsisten dari apa yang mereka buat. Tugas KPU hanya bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya, Minggu (14/1/2018).

Rahmawati Karim juga menjelaskan bahwa KPU memberlakukan perpanjangan pendaftaran bakal calon selama tiga hari, terhitung sejak Minggu (14/1/2018) hingga Selasa (16/1/2018).

Hal itu mengacu pada undang-undang Nomor 8 tahun 2015, yang intinya jika hanya satu Bapaslon, maka pendaftaran diperpanjang.

"Kita lakukan perpanjangan mulai Minggu ini, sampai Selasa atau 14-16 Januari. Ini kita lakukan jika memang hanya ada satu Bapaslon yang mendaftar di pendaftaran pertama. Kita mengacu pada undang-undang," imbuhnya.

Rahmawati menilai masih ada kesempatan untuk bapaslon lain, karena selama pendaftaran belum tertutup. Partai pengusung juga disebutnya masih bisa mengalihkan dukungannya. "Dan itu sah saja. Atau Bapaslon yang sudah daftar mengganti wakil yang diajukan sebelumnya itu juga masih bisa," tutupnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads