Jika Alami Empat Gejala Fisik Ini, Artinya Kolesterol Tinggi

Sabtu, 27 Maret 2021 - 11:18 WIB
loading...
Jika Alami Empat Gejala Fisik Ini, Artinya Kolesterol Tinggi
Ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Foto: Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa memicu permasalahan kesehatan yang lebih kompleks. Sehingga untuk mencegahnya bisa dideteksi dengan gejala-gejala alami yang muncul.

Ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Kondisi ini menandakan harus segera diatasi. Setidaknya ada empat gejala fisik jika mengalami kolesterol tinggi . Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dipaparkan laman Express.

1. Sakit di tangan dan kaki
Akumulasi kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus-menerus dan membuat tangan serta kaki sakit.



2. Sakit kepala di belakang kepala
Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

3. Nyeri dada di sisi kiri
Nyeri dada terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit. Terkadang rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

4. Sering kesemutan
Gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat tangan dan kaki terasa kesemutan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.

Sementara itu laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa faktor risiko kolesterol tinggi meliputi beberapa hal. Di antaranya adalah diet yang buruk, kegemukan, kurang olahraga, merokok, usia, dan diabetes .

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)