alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dorong Pendidikan Pemilu, KPU Gandeng Perguruan Tinggi

Herni Amir
Dorong Pendidikan Pemilu, KPU Gandeng Perguruan Tinggi
KPU Gowa menggelar media gathering belum lama ini. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggandeng perguruan tinggi untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih di daerah berjuluk Butta Bersejarah itu.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, melalui program ini KPU berharap mahasiswa di perguruan tinggi bisa menjadi salah satu instrumen untuk memberikan pendidikan politik kepada wajib pilih.

Menurutnya sangat penting masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal pendidikan Pemilu, di antaranya adalah pentingnya menyalurkan hak pilih, termasuk legitimasi hasil Pemilu serta tata cara pemilihan yang benar.



"Salah satu program khusus bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri Makassar Alauddin. Jadi kita di UINAM dulu sebelum ke perguruan tinggi lainnya," ungkapnya saat menggelar media gathering, belum lama ini.

Dia mengatakan, sudah dua kali menggelar kegiatan seminar pendidikan politik di kampus yang terletak di Kelurahan Samata itu. Dia berharap, setelah itu mahasiswa akan menyampaikan ke masyarakat luas tentang kepemiluan.

Sehingga, secara tidak langsung program penyebarluasan informasi bisa berjalan. Apalagi melalui mahasiswa, bisa memberikan pendidikan politik yang edukatif.

"Kita sudah dua kali laksanakan kegiatan di UINAM. KPU berharap mahasiswa bisa mengedukasi mayarakat di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Berawal dari hal-hal yang kecil dulu," katanya.

KPU Gowa sendiri lanjut Muhtar, menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada pilkada nanti minimal sama dengan target partisipasi secara nasional yakni 77,5 persen. Adapun tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa pada Pilgub lalu hanya 75,85 persen.

Sementara itu, Komisioner KPU Gowa Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nuzul Fitri mengatakan,  pihaknya melakukan kerja sama antara lembaga, khususnya perguruan tinggi untuk menyebarluaskan informasi dan mendongkrak partisipasi pemilih.

"KPU akan menggunakan semua potensi yang bisa meningkatkan partisipasi pemilih melalui penyebaran informasi tentang kepemiliuan. Misalnya dengan mahasiswa yang senang dengan orasi, sehingga memfasilitasi panggung orasi berjalan berupa truk terbuka untuk melakukan orasi kepemiluan keliling Kabupaten Gowa," tandasnya.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook