Sejumlah Fasilitas Umum Objek Wisata Kandora Tengan Belum Berfungsi

Minggu, 28 Maret 2021 - 16:44 WIB
loading...
Sejumlah Fasilitas Umum Objek Wisata Kandora Tengan Belum Berfungsi
Tampak pos retribusi masuk objek wisata Kandora Tengan yang belum difungsikan pengelola, Sabtu (27/3/2021). Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja melalui Dinas Pariwisata setempat mengembangkan objek wisata Kandora Tengan di Kecamatan Mengkendek pada tahun 2020 lalu.

Pengembangan objek wisata Kandora Tengan yang dilaksanakan tahun 2020 itu, berupa penambahan fasilitas umum untuk menunjang operasional objek wisata yang menawarkan panorama alam itu.



"Pengembangan objek wisata Kandora Tengan menghabiskan anggaran sekitar Rp1,4 miliar yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2020," ujar panitia pelaksana teknis kegiatan (PPTK) pengembangan objek wisata Kandora Tengan , Jimmy di Makale, Sabtu(27/3/2021).

Dia mengatakan, penambahan fasilitas di objek wisata Kandora Tengan berupa pembangunan empat unit gazebo, dua unit toilet umum, tempat parkir dan peningkatan jalan setepak menuju puncak tebing Kandora, serta pos retribusi. Penambahan fasilitas tersebut tersebar di beberapa titik berbeda di dua desa, yakni Tengan dan Palipu, Kecamatan Mengkendek.

"Seluruh kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan sudah selesai. Anggaran kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan juga sudah cair 100 persen," jelas Jimmy.



Dari pantauan SINDOnews di lokasi, beberapa fasilitas umum di objek wisata Kandora Tengan yang dikerjakan belum tuntas 100 persen. Seperti toilet yang belum bisa digunakan oleh pengunjung karena pembangunannya belum sepenuhnya rampung. Sementara gazebo untuk tempat beristirahat pengunjung tidak dilengkapi dengan tempat duduk.

Begitu juga pos retribusi belum difungsikan untuk pembayaran retribusi pengunjung yang akan mengunjungi objek wisata Kandora Tengan .

"Semua kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan masih dalam tahap pemeliharaan. Kalaupun masih ada pekerjaan yang belum tuntas di lapangan masih tanggung jawab kontraktor pelaksana," jelas Jimmy.



Kepala Desa Palipu, Kecamatan Mengkendek, Semuel mengatakan, objek wisata Kandora sangat potensial menarik wisatawan berkunjung ke Tana Toraja.

"Dari puncak tebing Kandora, pengunjung disuguhkan pemandangan awan di pagi hari. Selain itu, pengunjung juga dapat panorama alam yang sangat indah," ujar Semuel.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)