TOPIK TERPOPULER

Lab Kimia Biofisik FKM Unhas Pertama Terakreditasi di Indonesia

Suwarny Dammar
Lab Kimia Biofisik FKM Unhas Pertama Terakreditasi di Indonesia
Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Menjadi tonggak sejarah bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), itu dikarenakan Laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas mendapatakan surat keputusan (SK) akreditasi dengan nomor surat 172/3.a.1/LAB/02/2021 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Laboratorium tersebut terakreditasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017-Persyaratan Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi sebagai laboratorium pengujian.

Baca juga: Fakultas Kehutanan Unhas-Pemkab Maros Teken MoU Pemanfaatan Hutan Pendidikan

Kepala Lab Kimia Biofisik, Prof Syaifuddin menjelaskan, sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 diterima dengan nomor akreditasi LP-1471-IDN dan ruang lingkup pengujian biskuit dan air untuk keperluan hiegine sanitasi.

“Laboratorium Kimia Biofisik merupakan Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat pertama di Indonesia dan sekaligus laboratorium kedua di Unhas yang terakreditasi oleh KAN,” ujar Prof Syaifuddin dalam rilisnya, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Unhas Gelar Expo Virtual, Bantu Alumni Terserap di Dunia Kerja

Menurutnya, laboratorium perlu diakreditasi untuk memastikan kompetensinya berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017. KAN adalah lembaga yang diakui oleh Asia Pacific Accreditation Cooperation Incorporated (APAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC). Ini artinya, hasil uji laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN diakui negara-negara anggota APAC dan ILAC. Hingga Maret 2021, KAN telah mengakreditasi 1256 laboratorium Penguji di seluruh Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas tidak lepas dari pendampingan oleh Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Sulsel, Taufiq Hidayat menuturkan, sejak tahun 2019, KLT BSN Sulsel melakukan pembinaan terhadap Lab Biofisik dalam penerapan standar tersebut.

Baca juga: Unhas Siapkan Tenaga Ahli Pengembangan Sapi Perah di Gowa

“Pendampingan tersebut berupa persiapan dimulai dari awareness SNI ISO/IEC 17025 :2017, penyusunan dokumen, verifikasi dan validasi metode, ketidakpastian pengukuran, uji banding antar laboratorium, audit internal, kaji ulang manajemen, pra asesmen dan melakukan pendaftaran ke KAN,” jelasnya.

Dengan diperolehnya sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025 ini, Laboratorium di lingkungan Unhas siap bersaing secara global untuk menjadi kampus merdeka dan world class University (WCU).



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!