Perlu Kontrol Harga Elpiji 3 Kilogram di Tingkat Pengecer

Selasa, 30 Maret 2021 - 08:28 WIB
loading...
Perlu Kontrol Harga Elpiji 3 Kilogram di Tingkat Pengecer
Pekerja menata tabung gas elpii 3 kg kosong sebelum pengisian ulang. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) tabung gas elpiji bersubsidi tiga kilogram mesti dikontrol. Jangan sampai kebijakan ini jutsru semakin menyulitkan warga di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Terlebih menjelang ramadan, lonjakan harga melampaui HET yang sudah ditentukan bisa saja terjadi. Rawan timbul permainan harga, terlebih di tingkat pengecer.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perdagangan Makassar , Ikhsan mengatakan akan terus melakukan pemantauan agar tidak ada permainan harga dikalangan pengecer.

"Agar tidak terjadi kelanggkaan dan tidak terjadi permainan harga tentu kami intens melakukan koordinasi, baik dengan pemerintah provinsi dan pertamina," kata Iksan, Senin (29/3/2021).

Selain itu, Ikhsan juga akan melakukan pengawasan rutin di setiap agen dan pangkalan agar pasokan dan harga tetap dalam alur yang telah ditentukan.



"Karena sebenarnya itu kadang ada calo-calo ini yang mempermainkan harga sebelum sampai ke pengecer atau di warung-warung kelontong. Makanya itu akan dipantau juga, jangan sampai melambung nanti harganya," ujar dia.

Dia menambahkan, bagi pihak yang berani menaikkan harga di atas yang ditetapkan pemerintah akan diberi sanksi. Termasuk pencabutan izin usahanya.

"Kita selalu imbau ke agen dan pangkalan agar lebih selektif memberikan ke pengecer ini gas elpiji karena sebenarnya juga elpiji tiga kilogram ini diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera," tutur dia.

Untuk kenaikan harga yang akan berlaku per 1 April 2021 ini, lanjut Ikhsa, pihaknya akan menyosialisasikan kepada masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)