alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Dalami Asal Uang Palsu Yang Beredar di Gowa

Herni Amir
Polisi Dalami Asal Uang Palsu Yang Beredar di Gowa
Polres Gowa saat merilis pelaku peredaran uang palsu yang terjadi di Pasar Minasa Maupa di Kabupaten Gowa. Foto: Sindonews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Aparat Polres Gowa, terus melakukan penyelidikan asal uang palsu yang beredar di Pasar Minasa Maupa Sungguminasa, pada Kamis, (26/12/2019).

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan, pendalaman terus dilakukan karena pelaku IR yang telah diamankan memberikan pernyataan yang selalu berbeda.

"Sebelumnya pelaku tidak kooperatif saat diinterogasi, namun dengan cara profesional penyidik berhasil mengungkap asal muasal uang palsu tersebut," terangnya.



Dari pengakuan awal, IR mengatakan jika uang tersebut didapatkan dari konsumen yang membeli lukisan di rumah pelaku. Hal tersebut lanjut Tambunan, kemudian dibantah oleh IR.

Warga Makassar ini lalu menyampaikan uang palsu ditemukan saat kembali dari acara pernikahan kakak pelaku di Palopo, yang saat itu uang tersebut terbungkus dalam kantong plastik.

"PengĂ kuannya itu ditemukan di dalam Toilet SPBU," ujarnya.

Menurut Tambunan, saat itu IR berbelanja di Minasa Maupa diantar oleh suaminya. Pelaku lalu melakukan transaksi di beberapa pedagang yang ada di pasar.

Modus yang digunakan pelaku dengan cara melakukan transaksi menggunakan uang palsu pecahan Rp.100.000 selanjutnya uang kembalian belanja dipisahkan ke dalam satu kantong plastik.

Setelah berhasil memperdaya beberapa pedagang, pelaku kembali berbelanja ke penjual sukun dan saat membayar dagangan mengunakan uang palsu Rp100.000, pedagang sukun itu yang kemudian mencurigai uang IR palsu.

"Pascakejadian tersebut pelaku dan barang bukti berupa uang palsu sebesar Rp9,6 juta dan beberapa batang bukti lainnya diserahkan para pedagang ke Polsek Somba Opu," jelasnya.

Akibat perbuatannya, IR diancam dengan hukuman penjara selama 15 tahun berdasarkan Pasal 244 KUHP subsider pasal 245 KUHP.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook