alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Geledah Rumah Pelaku Pengedar Uang Palsu di Gowa

Herni Amir
Polisi Geledah Rumah Pelaku Pengedar Uang Palsu di Gowa
Tersangka pengedar uang palsu dihadirkan dalam rilis di halaman Mapolres Gowa. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Aparat Polres Gowa terus mengembangkan kasus dugaan uang palsu yang beredar di wilayah Kabupaten Gowa dengan menggeledah rumah IR, pelaku pengedar uang palsu tersebut.

Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengatakan, penggeledahan dilakukan pada Kamis (26/12/2019) malam kemarin, setelah pemeriksaan terhadap pelaku dilakukan.

Rumah milik tersangka ini berada di Jalan Tidung 9 STTP 5 No 142 Kelurahan Mapala, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.



"Tapi kita tidak menemukan alat pencetak dugaan uang palsu itu di rumah tersangka. Namun kita masih akan terus kembangkan. Termasuk rencana memanggil suami tersangka," ujarnya, Jumat (27/12/2019).

Perwira polisi dua melati ini menduga, IR bukan pelaku tunggal. Untuk itu, polisi terus mengembangkan kasus dugaan uang palsu ini.

Hermawati kini terancam pidana penjara paling lama 15 tahun. Polisi menerapkan pasal 244 subsider 245 KUHP tentang pemalsuan uang kertas yang dikeluarkan negara.

Peredaran uang palsu di Pasar Minasa Maupa, Kamis (24/12/2019) itu telah meresahkan masyarakat setempat. Sedikitnya 4 pedagang menjadi korban.

Uang palsu ini digunakan berbelanja oleh pelaku di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa. (Baca juga: Pengelola Pasar Minasa Maupa di Gowa Tangkap Wanita Pengedar Uang Palsu)

Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti uang palsu pecahan Rp100.000 sebanyak Rp9,6 juta. Kemudian uang asli pasca membeli barang menggunakan uang palsu sejumlah Rp1,444 juta masing-masing pecahan Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000 dan Rp5.000.

Dari uang asli itu, milik pelaku sebesar Rp1,3 juta. Serta diamankan barang bukti hasil belanjaan tujuh ikat buras, empat buah lengkuas dan dua buah sukun.

"Jumlah uang palsu yang telah dibelanjakan sebesar Rp400.000 dan sisa uang Rp9,6 juta," paparnya.



(man)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook