TOPIK TERPOPULER

Pimpin Rapat TKPKD, Wabup Luwu Utara Beberkan Strategi Pengentasan Kemiskinan

Tim SINDOnews
Pimpin Rapat TKPKD, Wabup Luwu Utara Beberkan Strategi Pengentasan Kemiskinan
Wabup Luwu Utara, Suaib Mansur memimpin rapat pengentasan kemiskinan, Selasa (30/3/2021). Foto: Humas Pemkab Luwu Utara

LUWU UTARA - Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur memimpin rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Selasa (30/3/2021). Dalam rapat itu, Suaib membeberkan beberapa langkah strategis mengatasi persoalan kemiskinan.

Menurut Suaib, selain program nasional, seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan langsung tunai (BLT), ada begitu banyak strategi pengentasan kemiskinan.



Baca juga: Pemilik Lahan Terdampak Proyek Bendungan Baliase Terima Uang Ganti Rugi

“Strategi menurunkan kemiskinan sudah cukup baik, seperti bantuan PKH dan BLT. Namun, itu belum cukup. Kita harus menghidupkan kembali TKPKD untuk menanggulangi kemiskinan,” sebutnya.

Ia mengutarakan, setiap program penanggulangan kemiskinan harus dilaksanakan secara tepat sasaran, dengan memperhatikan dan memperkuat data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang ada.

Baca juga: Serahkan LKPJ 2020 ke DPRD Luwu Utara, Ini Pesan Bupati

“Untuk tahap pertama, permantap dulu verifikasi dan validasi data DTKS. Kalau bisa, bantuan yang diberikan bukan hanya bantuan jaringan pengaman sosial, tapi bantuan yang dapat menumbuhkan nilai usaha dari masyarakat itu sendiri,” terangnya.



Menurutnya, DTKS sangat penting menjadi perhatian bersama karena berisi informasi masyarakat terkait keluarga yang mempunyai status kesejahteraan terendah yang didata oleh pendamping PKH di masing-masing desa atau kecamatan.

Baca juga: Luwu Utara Sudah Punya Perbup Kode Etik dan Perilaku ASN

“Saya minta Dinas Sosial dan PMD untuk segera merampungkan validasi data dan ketika validasi data selesai, kita akan lebih mudah untuk melakukan intervensi,” tandasnya.

Selain Wabup Suaib Mansur, turut pula hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Misbah, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Besse Andi Pabeangi serta perangkat daerah terkait lainnya. Hadir pula para pendamping PKH desa dan kecamatan se-Luwu Utara.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!