Warga Bulukumba Diimbau Salat Ied di Rumah Masing-masing

Rabu, 20 Mei 2020 - 12:15 WIB
loading...
Warga Bulukumba Diimbau Salat Ied di Rumah Masing-masing
Warga atau umat muslim di Bulukumba diimbau untuk melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) di rumah masing-masing. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
BULUKUMBA - Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama unsur Kementerian Agama, ormas Islam dan pengurus masjid di Kabupaten Bulukumba menyepakati untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah terkait pencegahan penularan wabah pandemi Covid-19, yakni melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) di rumah masing-masing.

Namun demikian jika ummat muslim tetap berkeras untuk sholat di masjid-masjid maka harus dipastikan bahwa pengurus masjid dapat melaksanakan protokol kesehatan.

Adapun untuk pelaksanaan takbiran, masjid-masjid diharapkan menggunakan soundcsystem dan dilakukan terbatas oleh pengurus masjid masing-masing. “Jika perlu takbir dikumandangkan hingga pagi,” tukas
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali.

Baca : Zakat, Infak dan Sedekah Mulai Disalurkan Kepada Dhuafa

Sementara itu, terkait protokol kesehatan, Jubir Gugus Tugas Covid-19 H. Daud Kahal menyampaikan,bahwa pengurus masjid diminta untuk menyiapkan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, menghimbau jamaah untuk menggunakan masker, bawa sajadah sendiri, jaga jarak dan untuk sementara menghindari saling bersalam-salaman.

"Kami harapkan pengurus mesjid tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan menyediakan fasilitas seperti sarana cuci tangan dan hand sanitizer," jelasnya.

Saat ini pihak Bagian Kesra Setda bekerjasama dengan Kementerian Agama diminta untuk mendata masjid-masjid yang akan melaksanakan sholat Ied, dan hal-hal yang dibutuhkan terkait dukungan Gugus Tugas Covid-19 dalam pelaksanaan protokol kesehatan akan dikoordinasikan, termasuk back up pengamanan dari pihak Polres, Kodim 1411 dan Satpol PP.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)