Kurangi Kematian Ibu Anak, Puskesmas Batulappa Hadirkan Klik Akun Bumil

Rabu, 31 Maret 2021 - 21:04 WIB
loading...
Kurangi Kematian Ibu Anak, Puskesmas Batulappa Hadirkan Klik Akun Bumil
Ilustrasi: Corbis/Catherine Delahaye
A A A
PINRANG - Puskesmas Batulappa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang menghadirkan inovasi untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak . Inovasi itu dinamai Klik Akun Bumil.

Inovasi tersebut dihadirkan untuk memudahkan para bidan desa dan lintas sektoral dalam memantau perkembangan ibu hamil di wilayahnya.



Koordinator Bidan, Asrina Majid mengatakan, layanan tersebut dibuat karena masih tingginya angka kematian ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Batulappa. Hal itu, kata dia, dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya kondisi wilayah yang sulit dijangkau, kurangnya informasi kesehatan ibu hamil, dan belum optimalnya keterlibitan pihak terkait.

"Paritisipasi lintas sektor seperti kecamatan dan kepala desa waktu itu kurang maksimal. Mereka tidak tahu jumlah ibu hamil di wilayahnya," ujarnya.

Wilayah di Batulappa, kata Asrina, didominasi pegunungan dengan akses jalan yang cukup sulit dan jauh dari jangkauan faskes. Hal itulah kata dia yang mendorong Puskesmas Batulappa menguatkan pelayanan yang responsif terhadap gender melalui pengembangan inovasi ramah ibu hamil melalui Klik Akun Bumil.



"Klik Akun Bumil, akronim dari kantong elektronik jadwal persalinan turunkan angka kematian ibu hamil," jelas Asrina.

Sementara itu,inovator aplikasi ini, Ismail mengemukakan, inovasi tersebut sudah dikembangkan sejak diawal tahun 2019 lalu, yang diterapkan secara bertahap pada 2020 lalu. Layanan tersebut, kata dia, berbasis web yang dikembangkan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

"Melalui inovasi aplikasi ini, bidan desa dan lintas sektoral bisa memantau ibu hamil yang ada di wilayah Batulappa dengan sangat cepat," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)