alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Sulsel Dorong Perempuan Terlibat sebagai Penyelenggara Pemilu

Luqman Zainuddin
Bawaslu Sulsel Dorong Perempuan Terlibat sebagai Penyelenggara Pemilu
Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Prekrutan panitia pengawas kecamatan (panwascam) di 12 kabupaten dan kota di Sulsel yang akan menyelenggarakan pilkada tahun 2020 telah usai. Tapi, dari perekrutan tersebut, jumlah perempuan yang lolos seleksi masih minim.

Hal itu diungkap Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad. Dari total 486 panwascam yang telah direkrut, 116 di antaranya adalah perempuan. Menurut Saiful, jumlah tersebut masih rendah.

"Keterwakilan perempuan secara keseluruhan baru 23,8%. Ini menjadi bukti, tindakan affirmatif di satu sisi, dan penyiapan/penguatan kapasitas perempuan, masih perlu terus didorong, termasuk kemauan dan kesiapan untuk ikut mendaftar," beber Saiful seperti dalam rilis yang diterima SINDOnews beberapa waktu lalu.
Bawaslu Sulsel Dorong Perempuan Terlibat sebagai Penyelenggara Pemilu
Menurut Saiful, ada kecematan tertentu di 12 daerah, yang sama sekali tidak memiliki panwascam perempuan. Ia berharap, pada perekrutan penyelenggara pemilu di tingkatan selanjutnya, keterwakilan perempuan bisa lebih besar lagi.



"Hampir semua kabupaten, ada kecamatan yang tidak ada pendaftar perempuan, jadi memang masih terbatas kesiapan dan keinginan teman-teman perempuan untuk ikut mendaftar sbagai panwascam. Mudah-mudahan di perekrutan PPK, minat perempuan bisa lebih banyak," pungkas Saiful.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook