Kondisi Cuaca Ekstrem, Tak Halangi PLN Lakukan Pemulihan Gangguan

Jum'at, 02 April 2021 - 13:38 WIB
loading...
Kondisi Cuaca Ekstrem, Tak Halangi PLN Lakukan Pemulihan Gangguan
Pohon tumbang akibat cuaca ekstrem menyebabkan pasokan listrik terganggu di sejumlah wilayah. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Dampak hidrometeorologi mengakibatkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) seperti Pesisir Pantai di Kota Makassar, Takalar, Gowa, Pangkep, Maros Pinrang, Parepare, Barru dan Soppeng hingga Pesisir Selatan di Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Selayar.

Hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang bisa mengakibatkan terganggunya pasokan listrik, pada beberapa hari kedepan.

Hujan lebat yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya pada Jumat, (2/4/2021) dini hari menyebabkan gangguan listrik akibat cuaca buruk, pukul 03.00 WITA.

Akibatnya beberapa tiang listrik roboh karena pohon tumbang serta banjir. Imbasnya pasokan listrik di beberapa wilayah tersebut padam.



Sebanyak 1.323 Gardu Distribusi terdampak cuaca ekstrem yang mengakibatkan 248.641 pelanggan mengalami padam, yang seluruhnya berada di wilayah kerja PLN yakni Makassar Selatan, Makassar Utara, Pinrang, Bulukumba, BauBau, Watampone dan Mamuju.

Kendati demikian, General Manager PLN UIW Sulselrabar , Awaluddin Hafid memastikan petugas PLN akan selalu siaga untuk memulihkan pasokan listrik.

“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, petugas kami terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terganggu akibat pohon tumbang, untuk wilayah yang tergenang banjir, PLN harus memastikan banjir telah surut dan aman sebelum menyalakan aliran listrik kembali," ujarnya.

Untuk mengurangi potensi terjadinya gangguan jaringan listrik di wilayah lain, khususnya di beberapa wilayah Sulsel, PLN mengimbau partisipasi dari masyarakat untuk ikut melaporkan potensi gangguan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)