Syahbandar Makassar Peringatkan Nelayan, Gelombang Laut Berpotensi Capai 4 Meter

Jum'at, 02 April 2021 - 21:52 WIB
loading...
Syahbandar Makassar Peringatkan Nelayan, Gelombang Laut Berpotensi Capai 4 Meter
Gelombang laut. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar mengeluarkan surat edaran (SE) terkait antisipasi gelombang tinggi .

Surat yang tertuang dengan nomor UM002/212/25/Sy6.Mks.2021 tentang peringatan dini gelombang tinggi tersebut menindaklanjuti peringatan dini gelombang tinggi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar tanggal 01 April 2021.



Dalam suratnya, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar SyahbandarMakassar, Triono mengatakan, tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang besar terjadi di Perairan Parepare, Perairan Spermode Pangkep, dan Teluk Bone selama beberapa hari ke depan.

Sementara gelombang dengan tinggi 2,5hingga4,0 meter berpeluang terjadi di Selat Makassar, bagian selatan Perairan Spermonde Makassar, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa dan Perairan Sabalana.

Baca juga: BMKG Beri Peringatan Dini Gelombang Tinggi Pada 17-18 Februari

Sementara gelombang dengan tinggi 4,0hingga 6,0 meter berpeluang terjadi di laut Flores.

Berikut 8 imbauan yang disampaikan Syahbandar Makassar, khususnya bagi operator kapal, nakhoda, dan juragan kapal tradisional yang beroperasi di Pelabuhan Paotere dan Dermaga Kayu Bangkoa:

a. Tidak memaksakan diri untuk berlayar apabila terjadi cuaca ekstrem/ gelombang tinggi .

b. Melakukan pemantauan kondisi cuaca dan tinggi gelombang sekurang-kurangnya enam jam sebelum kapal berlayar dan melaporkan hasilnya kepada Syahbandar pada saat mengajukan permohonan SPB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3598 seconds (0.1#10.140)