TOPIK TERPOPULER

Listrik di Wilayah Terdampak Cuaca Buruk di Sulsel, Sultra, dan Sulbar Kembali Normal

Suwarny Dammar
Listrik di Wilayah Terdampak Cuaca Buruk di Sulsel, Sultra, dan Sulbar Kembali Normal
Petugas PLN melakukan perbaikan terhadap sistem kelistrikan yang rusak akibat cuaca buruk, Sabtu (3/4/2021). Foto: Dokumentasi PLN

MAKASSAR - Cuaca buruk yang melanda provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat pada Jumat (3/4/2021) kemarin menyebabkan gangguan listrik pukul 03.00 Wita dini hari.

Terdapat 1.323 gardu distribusi dan 248.641 di wilayah kerja PLN yakni Makassar Selatan, Makassar Utara, Parepare, Pinrang, Bulukumba, BauBau, Watampone dan Mamuju padam akibat tiang patah dan trafo bergeser mengalami padam.



Baca juga: 800 Rumah di Kecamatan Tempe Menumpang Listrik ke Tetangga

Namun petugas PLN dengan sigap segera menormalkan jaringan yang terdampak sehingga pada hari ini, sebesar 2.459 gardu distribusi (96% sistem kelistrikan) dan 327.391 pelanggan sudah berhasil menyala.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid menuturkan, sampai dengan saat ini petugas PLN terus berupaya untuk menormalkan sistem kelistrikan yang padam akibat terdampak cuaca buruk.
"Sebesar 96% pasokan listrik sudah dapat dinyalakan dan petugas PLN akan terus berupaya memulihkan pasokan listrik sampai tuntas seluruhnya, dengan tetap memperhatikan keselamatan masyarakat," pungkas Awaluddin.

“Untuk beberapa daerah yang terdampak banjir, PLN harus memastikan banjir telah surut dan aman sebelum menyalakan aliran listrik kembali," tambahnya.

Baca juga: Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Kota Parepare



"Apabila terkena banjir, matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, dan pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar-benar kering sebelum dipakai kembali," kata Awaluddin.

Untuk mengurangi potensi gangguan, Awaluddin menghimbau kepada pelanggan untuk turut aktif melaporkan kepada petugas PLN apabila ada pohon atau benda yang dekat dengan jaringan PLN karena hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan gangguan pasokan listrik.

Baca juga: Bencana Tanah Longsor di Bungayya Terjang Rumah Warga

"Apabila masyarakat menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan," imbuhnya.

Untuk memudahkan, pelanggan bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!