alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

ACC Tuding Kejati Sulsel Tutupi Pemeriksaan Jaksa Nakal

Muhammad Chaidir
ACC Tuding Kejati Sulsel Tutupi Pemeriksaan Jaksa Nakal
Kepala Badan Pekerja Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi, Abdul Kadir Wokanubun. Foto: Sindonews/Muhammad Chaidir

MAKASSAR - Sejumlah catatan penting dirilis oleh Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi tahun 2019 ini, termasuk pemeriksaan jaksa nakal dilakukan Kejaksaan Tinggi Sulsel yang dinilai tidak transparan.

Kepala Badan Pekerja Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi, Abdul Kadir Wokanubun mengatakan, saat ini masih ada jaksa nakal pada lembaga Adhiyaksa tersebut.

Bahkan menurut catatan mereka kasus suap Asisten Pengawasan (Aswas) Kejati Sulsel yang terbongkar beberapa waktu lalu, kini kata Kadir pihaknya juga menemukan adanya dugaan jaksa nakal di Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo. Sayangnya informasi terkait adanya jaksa “nakal” tersebut sangat tertutup oleh kejaksaan tinggi Sulsel.



"Kami menemukan ada beberapa oknum Jaksa nakal yang diduga melakukan pelanggaran disiplin, dan telah diperiksa di kejaksaan tinggi Sulsel, namun ditutupi penanganannya oleh Kejaksaan Tinggi," beber Kadir saat dikonfirmasi KORAN SINDO.

Kadir menyebut sebuah surat panggilan tertanggal 7 Oktober dengan nomor: B-29/P.4.7/Hkt/4/10/2019 membuktikan bahwa ada beberapa jaksa di kejaksaan negeri Wajo yang diambil keteranganya oleh kejaksaan tinggi Sulsel.

“Yang paling penting ditanyakan ke Kejaksaan Tinggi sejauh mana penanganan kasusnya, karena setahu saya banyak pihak yang diperiksa di kasus yang melibatkan jaksa di Kejari Wajo tersebut," ungkapnya.

Sejauh ini menurut Kadir, kasus Jaksa nakal di Kejari Wajo hanya satu dari sekian banyak laporan terkait jaksa nakal di Kejati Sulsel. Sehingga ia berharap Kejaksaan Tinggi Sulsel bisa terbuka demi membangun akuntabilitas publik dan kepercayaan publik pada lembaga Adhiyaksa tersebut.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Firdaus Dewilmar tak menampik kabar tersebut, kendati saat dimintai keterangan lebih lanjut ia enggan menjelaskan lebih jauh.

"Iya yang itu untuk lebih jelasnya besok aja datang ke Kantor saya jelaskan yah," ungkapnya saat dikonfirmasi via seluler.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook