Pelindo IV Siapkan DPPT Jalan Tol MNP

Senin, 05 April 2021 - 17:58 WIB
loading...
Pelindo IV Siapkan DPPT Jalan Tol MNP
Makassar New Port (MNP). Foto: Pelindo IV
A A A
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) saat ini tengah menyiapkan penyusunan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT) terkait pembebasan lahan untuk persiapan pembangunan jalan tol menuju Makassar New Port (MNP) .

Direktur Teknik PT Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto mengatakan, ada sekitar 1 kilometer (km) lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan jalan tol menuju Makassar New Port (MNP) .



“Kami tengah menyiapkan penyusunan DPPT terkait pembebasan lahan itu. Jalan tol dengan panjang sekitar 2 km ini merupakan perpanjangan tol eksisting menuju MNP ,” katanya, dalam rilisnya, kemarin.

Dijelaskannya, jalan tol menuju MNP ini merupakan kegiatan strategis pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) , sedangkan untuk pembebasan lahan dilaksanakan oleh Pelindo IV.

Terkait rencana pemerintah pusat yang menginginkan pengerjaan konstruksi jalan tol menuju MNP segera dilakukan, Prakosa mengatakan bahwa pihaknya berupaya menyelesaikan seluruh pembebasan lahan sekira 1 km elevated yang tersisa.



Dia menyebutkan, target pembebasan lahan diharapkan paling lambat triwulan III sampai triwulan IV-2021 bisa diselesaikan secara menyeluruh. “Sebab saat ini, lebih dari separuh area jalan tol telah siap untuk dilakukan pembangunan konstruksi yang titiknya berada di MNP ,” terangnya.

Menurut Prakosa Hadi, apabila Kementerian PUPR ingin membangun mulai kuartal II atau III, maka pembangunan bisa dimulai dari lahan milik Pelindo IV yang berada di area pelabuhan.

Tersisa beberapa lahan atau tanah yang belum dibebaskan, padahal akan diperlukan untuk keperluan pembangunan jalan tol.



Meski demikian, diakui Direktur Teknik bahwa pihaknya tidak pernah mendapatkan kendala dalam proses pembebasan lahan. Terlebih, pihaknya telah aktif berkoordinasi dan memperoleh dukungan dari pemerintah daerah dan BPN (Badan Pertanahan Nasional).

Pihaknya juga sudah menyampaikan terkait rencana pembangunan jalan tol ini kepada Wali Kota Makassar , Moh Ramdhan Pomanto yang sangat mendukung pelaksanaan tersebut.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)