alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polres dan Pemkab Pangkep Siagakan Personel Antisipasi Banjir

Muhammad Subhan
Polres dan Pemkab Pangkep Siagakan Personel Antisipasi Banjir
Kondisi salah satu daerah di Tana Toraja, Sulsel yang terdampak bencana banjir. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Joni Lembang

PANGKEP - Kapolres Pangkep, AKBP Ibrahim Aji menginstruksikan seluruh jajarannya untuk bersiaga mengantisipasi potensi bencana alam di musim penghujan.

"Sudah saya instruksikan seluruh anggota dan jajaran baik di Polres maupun di Polsek-polsekĀ  untuk siaga dengan peralatan yang ada, di mana saat ini sudah beberapa kali terjadi hujan, dan mengingat wilayah Pangkep memiliki riwayat banjir," ucap Ibrahim, Kamis (2/1/2020).

Selain banjir, bencana lain yang diwaspadai yaitu angin puting beliung. Sebab, hampir setiap tahun kata Ibrahim, bencana puting beliung merusak ratusan rumah warga di Pangkep.



Ibrahim meminta anggota Polres Pangkep hingga tingkat Polsek, serta personel bhabinkamtibmas aktif berkoordinasi dengan unsur pemerintah desa dan masyarakat.

"Upaya pencegahan juga turut dilakukan, misalnya kordinasi dalam rangka pembersihan aliran air dan gorong-gorong yang banyak sampah bisa jadi pemicu timbulnya genangan air atau banjir," jelasnya.

Antisipasi banjir juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Pangkep, Sunandar mengatakan, untuk dua titik banjir dalam kota yaitu, Jalan Flamboyan dan Jalan Marudani sudah ditangani dengan pembuatan saluran induk.

Dua wilayah tersebut selama ini menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Meski hujan turun sebentar, wilayah jalan Flamboyan dan Marudani bisa terendam selama beberapa jam.

"Alhamdulillah saluran pembuangan telah berfungsi baik dan tidak ada lagi genangan," kata Sunandar.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook